SOLOPOS.COM - Pjs. Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto, saat meresmikan UPKSAI di Gedung Juang 45, Kota Semarang, Senin (23/11/2020). (Semarangpos.com-Yayasan Setara)

Solopos.com, SEMARANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berkomitmen menjamin akses kesejahteraan maupun sosial kepada anak-anak. Komitmen itu ditunjukkan dengan mendirikan Unit Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif di Gedung Juang 45, Kota Semarang, Senin (23/11/2020).

Pjs. Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto, mengatakan UPKSAI akan fokus pada penanganan kasus-kasus anak . Seperti anak rentan di jalanan, anak telantar, anak berhadapan dengan hukum, anak memerlukan perlindungan khusus, anak disabilitas, hingga anak putus sekolah.

Promosi Program BRInita Sulap Lahan Sempit Jadi Urban Farming yang Produktif

Satpol PP Karanganyar Ciduk 6 Anak Jalanan

"Setelah di-launching, saya harap unit layanan ini bisa langsung dimanfaatkan. Teman-teman bisa berkolaborasi agar layanan ini bisa bermanfaat langsung kepada anak-anak di Kota Semarang," ujar Tavip.

Tavip menjelaskan UPKSAI merupakan bagian dari komitmen Pemkot Semarang dalam memberikan layanan kepada anak-anak. Dengan UPKSAI, Tavip berharap Kota Semarang bisa benar-benar menjadi kota layak anak. Ia juga ingin agar anak-anak bermasalah terutama yang hidup di jalanan, yang diambil dan dibawa ke panti oleh UPKSAI akan memperoleh hak-haknya. Hak seperti mendapat layanan kesehatan, pendidikan, psikologi, pengasuhan, jaminan dan pendampingan hukum, semua akan dilayani unit ini.

Kabur Saat Razia, Anak Jalanan di Klaten Ditabrak Sedan

Ia meminta kasus sosial pada anak jalanan dan anak telantar yang masih sering ditemukan di Kota Semarang bisa segera ditangani secara komprehensif. "Saya yakin ini tidak mudah untuk dilaksanakan, tapi mudah-mudahan dengan semangat dan komitmen kita semua bisa melaksanakan amanah dengan baik. Bagaimana pun juga kita memiliki tanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak-anak, baik anak kita sendiri maupun yang ada di lingkungan kita," tutur Tavip.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya