Pemkot Semarang Jual Paket Sembako di 16 Pasar Murah

Pemkot Semarang Jual Paket Sembako di 16 Pasar Murah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tingginya antusiasme warga mendatangi pasar murah. (JIBI/Solopos/Antara/Feny Selly)

Pemkot Semarang menjual paket sembako murah kepada warga terpilih di 16 pasar murah.

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Senin (19/2/2018), menjual paket sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) dengan banderol separuh harga normal. Namun, warga yang boleh membeli paket sembako yang dihargai Rp50.000 dari harga semula Rp114.000 itu hanya yang beruntung mendapatkan kupon dari pemkot.

Penjualan paket sembako kepada warga berkupon itu dilakukan di 16 pasar murah yang digelar Pemkot Semarang secara serentak di berbagai lokasi Kota Semarang. Kantor Berita Antara yang mengikuti pasar murah di Balai Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah melaporkan Camat Candisari Moeljanto mengaku menyediakan 500 paket sembako yang berisi beras, gula pasir, minyak goreng, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

"Penjualan paket sembako ini khusus untuk warga yang ada di tujuh kelurahan di Kecamatan Candisari. Penyelenggaraan pasar murah ini terbagi di 16 titik secara serentak," katanya.

Penyelenggaraan pasar murah itu, kata dia, untuk memperingati dua tahun kepemimpinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. "Dalam dua tahun ini, banyak pembangunan yang tersebar di Kota Semarang. Banyak pula inovasi yang disumbangkan oleh Pak Wali [Wali Kota Semarang] terhadap pembangunan," ucapnya.

Selain paket sembako yang disediakan pemerintah, kata dia, ada pula partisipasi dari pihak luar sehingga total sembako yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan warga kurang mampu di Candisari berjumlah 600 paket. Para pedagang kaki lima (PKL) juga turut meramaikan penyelenggaraan pasar murah di Kecamatan Candisari dengan menggelar dagangan di sekitar kantor kecamatan untuk mencari rezeki.

"Mereka [PKL] datang sendiri. Kami tidak mengundang, namun kami hanya berpesan kepada PKL yang ikut mencari rezeki di Pasar Murah Candisari harus ikut menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Camat Semarang Timur Sutrisno yang memantau penyelenggaraan pasar murah di halaman Kantor Kelurahan Bugangan menyebutkan setidaknya ada 500 kupon paket sembako yang dibagikan kepada warga kurang mampu. "Warga cukup membeli Rp50.000 untuk tiap paketnya. Selain itu, kami juga mengadakan lomba stan terbaik dari 10 kelurahan. Kami gelar pula orkes dangdut sebagai hiburan agar lebih meriah," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan setidaknya 400 ton beras disiapkan untuk didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu pada penyelenggaraan pasar murah di 16 titik. Titik penyelenggaraan pasar murah, yakni di Balai Kelurahan Krobokan, Kuningan, Peterongan, Bugangan, Bendan Duwur, Gemah, Sendangguwo, Trimulyo, Rejosari, Gayamsari, Srondol Wetan, dan Mangkang Kulon.

Kemudian, sambung Hendi—sapaan akrab politikus PDI Perjuangan tersebut—Balai Kecamatan Semarang Tengah, Kecamatan Mijen, Kecamatan Candisari, dan Kecamatan Gunungpati, Semarang. "Harapannya pasar murah yang dilakukan secara serentak ini dapat meringankan beban masyarakat, serta dapat optimal menekan inflasi yang terjadi di Kota Semarang," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.