SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Koordintor Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kota Solo, Hari Fadhilah mengungkapkan, dana pendamping dari Pemkot Solo untuk PNPM tahun 2009 lalu masih nunggak senilai Rp 3 miliar. Kekurangan tersebut sudah termasuk biaya operasional senilai Rp 215 juta.

“Realisasinya selama ini baru Rp 4,4 miliar. Sedangkan, kekurangannya masih Rp 3.034.000.000,” kata Hari ketika ditemui Espos di sela-sela koordinasinya di Solo, Rabu (31/3).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara itu, untuk dana pendampingan PNPM tahun 2010 ini, Hari mengaku belum mendapatkan surat kesanggupan dari Pemkot. Pihaknya juga mengaku tak tahu, apakah dana pendampingan PNPM tahun 2010 kali ini akan kembali tersendat seperti tahun 2009 lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dana pendampingan tahun 2009 saja masih nunggak. Saya belum tahu, kapan Pemkot menyerahkan surat kesanggupan untuk memberikan dana pendampingan bagi PNPM tahun 2010 ini,” terangnya.

Akibat adanya tunggakan itu, Hari tak menampik ada sejumlah program yang berjalan tak optimal. Bahkan, sejumlah program yang sudah direncanakan terpaksa tak bisa jalan lantaran dana yang belum ada.

Meski demikian, imbuhnya, Pemkot akhirnya bersedia memberikan kesanggupan untuk memberikan dana pendampingan PNPM. Dana pendampingan saat itu, katanya, tak semua dalam uang cash.

Adapun untuk PNPM tahun 2010 kali ini, dana pendampingan Pemkot hanya 1,2 miliar. Hal itu, jelas Hari, mengacu pada peraturan baru bahwa dana pendampingan dari Pemkot hanya 25% dari total dana PNPM yang ada, yakni Rp 6 miliar.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya