Tutup Iklan

Pemkot Magelang Berkolaborasi di Operasi Ketupat Candi

Pemerintah Kota Magelang mendukung penuh jajaran Polres Magelang Kota yang mulai melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021.

Pemkot Magelang Berkolaborasi di Operasi Ketupat Candi

SOLOPOS.COM - Wali Kota Magelang dan Kapolres Magelang Kota memeriksa kesiapan pasukan. (Istimewa Pemkot Magelang)

Solopos.com, KOTA MAGELANG — Pemerintah Kota Magelang mendukung penuh jajaran Polres Magelang Kota yang mulai melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021.

Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, melihat persiapan operasi ini sudah sangat baik. “Kapolres Magelang Kota selaku penanggungjawab sudah sangat mantap melaksanakan operasi Ketupat Candi 2021 ini,” kata Dokter Aziz, panggilan dr. Muchamad Nur Aziz dalam keterangan resminya, Kamis (6/5/2021).

Wali Kota pun memimpin apel pasukan Operasi Ketupat Candi 2021 di Jalan Alun-alun Selatan Kota Magelang, Rabu (5/5/2021). Operasi pengamanan perayaan Idul Fitri 1442 H di Kota Magelang ini melibatkan TNI, Denpom, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkai lainnya.

Baca Juga : Nikmatnya Nasi Lesah, Kuliner Khas Kota Magelang yang Langka

Lokasi konsentrasi menjelang Lebaran ini di antaranya terminal, objek wisata, pasar dan tempat keramaian lainnya. “Objek wisata tetap kami buka, tapi pengunjung hanya 50 persen dari kapasitas. Pasar juga kami ketatkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Wali Kota berharap kasus Covid-19 Kota Magelang semakin menurun. Oleh sebab itu ia meminta warga yang di perantauan untuk menahan diri tidak mudik.

Aparat Polres Magelang Kota ikut apel siaga Lebaran 1442 H. (Istimewa Pemkot Magelang
Aparat Polres Magelang Kota ikut apel siaga Lebaran 1442 H. (Istimewa Pemkot Magelang

Sementara itu, Plt Kapolres Magelang, AKBP R. Fidelis Purna Timoranto, mengatakan pada Operasi Ketupat Candi 2021, polisi bersama intansi terkaitĀ  menerjunkan sebanyak 533 personel. Mereka akan bertugas di pos-pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di wilayah ini.

Kelengkapan Administrasi

“Kami dirikan enam pos, di antaranya dua pos sekat imbangan di Simpang Trio dan Kebonpolo, dan satu pos pantau sekat di Pakelan. Pos terpadu di terminal, pos pelayanan di Gardena, pos pengamanan di Shoping, termasuk di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang,” sebut Fidel.

Polisi juga akan mengecek administrasi pengendara bermotor terutama dari arah luar kota. Apabila ditemukan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan administrasi maka akan dites swab antigen dan genose.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Magelang. “Kami sudah laksanakan itu sejak 25 April 2021 di 3 lokasi, titik penyekatan dan di pos terpadu,” jelasnya.

Baca Juga : Ikuti Arahan Presiden, Wali Kota Magelang Minta Warganya Tak Mudik

Semua kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan juga akan dipantau. Pihaknya pun melarang kegiatan takbir keliling, termasuk Prepegan (puncak keramaian masyarakat menyambut Lebaran) dan Salat Idul Fitri yang tidak menerapkan prokes.

Berita Terkait

Berita Terkini

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.

Bekas Lahan Perusahaan Serat Terbesar Wonogiri Kini Ditanami Palawija

Saat ini, sudah tidak ada lagi warga Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, yang memproduksi serat. Padahal, dulu ada perusahaan serat terbesar di situ.

Pemkab Sukoharjo Buka 827 Lowongan CPNS dan PPPK 2021

Sebanyak 827 formasi CPNS dan PPPK akan dibuka Pemkab Sukoharjo dalam rekrutmen pegawai pada 2021.

Perlukah Memberikan Suplemen untuk Anak? Ini Penjelasannya

Tak sedikit orang tua merasa bimbang perlukah memberikan suplemen untuk anak demi pemenuhan nutrisi mereka.

Buah Kesemek Khas Selo Boyolali, Direndam 6 Hari Baru Bisa Dikonsumsi

Petani Selo Boyolali mulai memanen buah kesemek yang merupakan buah khas setempat. Buah tersebut oleh masyarakat setempat kerap disebut dengan kledung.