SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Masyarakat Kota Madiun, Jawa Tmur, segera dapat mengunjungi tujuh ruang terbuka hijau (RTH) baru yang akan dibangun tahun 2019 ini di wilayah setempat. Pemambahan RTH demi penghijauan kota dan menekan pemanasan global.

Ketujuh RTH yang akan dibangun tersebut meliputi RTH Nusa Penida, RTH Makam Kelapa Sari sekaligus perencanaan pengawasan, RTH Tlogo Mas, RTH monumen TGP, RTH Taman Lingkungan Asabri Selo, RTH Jalan Adisucipto dan jalan Kapten Saputro, dan terakhir RTH Jalan Cokrobasonto Kuncen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk tahun ini, kami berencana membangun tujuh RTH di beberapa wilayah di Kota Madiun,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto kepada wartawan di Madiun, Sabtu (12/1/2019).

Dia menambahkan jumlah keseluruhan RTH yang dibangun di Kota Madiun telah mencapai 52 RTH. Dengan pembangunan RTH tersebut, diharapkan akan berdampak terhadap perluasan daerah terbuka hijau dan salah satu upaya menekan pemanasan global.

Mengacu ketentuan undang-undang yang ada, keberadaan RTH yang ideal di suatu kota mencapai 30 persen dari luas wilayah yang ada.

“Kalau mengacu rancangan pembangunan jangka menengah (RPJM) daerah, Kota Madiun sudah memenuhi capaian sekitar 19 persen untuk keberadaan RTH dan ini terus ditambah,” kata dia.

Disperkim terus berupaya memperluas RTH yang ada di Kota Madiun. Selain pembangunan RTH, upaya lain yang dilakukan untuk penghijauan kota adalah dengan penanaman kembali pohon-pohon di sejumlah RTH pinggir jalan yang pohonnya sudah roboh atau ditebang.

Penanaman pohon juga difokuskan pada jalan-jalan baru yang belum memiliki pohon pelindung. Selain memperindah kota, harapannya hal itu juga salah satu upaya untuk merindangkan kota.

Soeko juga mengimbau agar masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga fasilitas RTH yang telah diberikan pemerintah. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya