Fotografer melakukan pemotretan di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun di Kelurahan Pangongangan, Kecamatan Manguharjo, Selasa (30/1/2018) pagi. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun akan mempercantik Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun dan menambah fasilitas di dalamnya pada 2020. Anggaran senilai Rp2 miliar disiapkan untuk merealisasikannya.

Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun selama ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat bermain maupun berkumpulnya masyarakat. Setiap Minggu, taman di Kelurahan Pangongangan, Kecamatan Manguharjo itu juga dijadikan lokasi car free day (CFD) dan Sunday market.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan fasilitas tambahan itu adalah jalan masuk, pagar, hingga panggung utama. Maidi menyampaikan selama ini para pedagang Sunday market di taman tersebut mengeluhkan jalan masuk yang cukup curam.

“Nanti dibuka jalan baru menuju taman. Rencananya di sisi timur,” kata Maidi, Jumat (29/11/2019).

Selain itu, Pemkot juga bakal memasang pagar di kawasan taman. Pagar ini untuk melindungi pengunjung khususnya anak-anak agar tidak terjatuh di lereng.

Panggung taman akan dibenahi lebih bagus. Panggung nantinya tidak hanya untuk konser musik, tetapi juga bisa digunakan untuk lomba hingga pesta pernikahan. Sehingga masyarakat bisa menggelar pesta pernikahan di area itu, tidak perlu menyewa gedung .

Maidi menjelaskan Sunday market memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Ada sekitar 800 pedagang yang berjualan di kawasan tersebut. Jumlah pengunjungnya mencapai 1.500 orang per harinya.

“Pembangunan taman ini harus bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini warga bisa berdagang di sana. Nantinya juga bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten