SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 40 gorong-gorong dan drainase di Kota Madiun diperbaiki total tahun 2019 ini. Pemkot Madiun menggelontorkan dana hingga Rp50 miliar untuk memperbaiki sistem drainase tersebut. 

Pantauan Madiunpos.com di Jl. Kapuas, Selasa (3/9/2019), pekerja sedang mengecor bagian atas drainase. Jalanan tersebut pun masih dipenuhi debu dari sisa pembangunan. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun, Suwarno, mengatakan 40 gorong-gorong dan drainase tersebut diperlebar dan diperdalam. Perbaikan gorong-gorong di lokasi ini supaya bisa berfungsi hingga 50 tahun ke depan. 

Dia mencontohkan seperti renovasi gorong-gorong yang ada di Jalan Raya Ponorogo-Madiun diperlebar mencapai 2 meter dan kedalaman 1,5 meter.”Kita berpikirnya kan jangka panjang. Estimasinya 50 tahun lagi. Saluran itu tidak usah diutak-atik lagi. Tidak perlu bongkar pasang saluran, makanya diperbesar,” jelas dia, Senin (2/9/2019). 

Perbaikan drainase ini dilakulan di titik-titik lokasi rawan genangan saat hujan. Sehingga saat musim hujan tiba, air yang datang bisa tertampung di saluran dan bisa mengalir sampai ke hilir sungai. 

“Jadi airnya kan bisa masuk ke saluran dan bisa sampai ke hilir, sungai,” kata dia. 

Progres pembangunan drainase dan gorong-gorong ini sudah mencapai 50%. Perbaikan drainase ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan Desember 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya