SOLOPOS.COM - Daftar jalan yang ditutup selama kegiatan CFN malam tahun baru 2020. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun kembali menyelenggarakan Car Free Night (CFN) pada malam Tahun Baru 2020, Selasa (31/12/2019).

Kawasan CFN diperluas mulai dari Alun-alun Madiun, Jl. Pahlawan, dan Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Lokasi yang menjadi tempat CFN akan steril dari kendaraan bermotor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ribuan orang diperkirakan akan memadati tiga lokasi tersebut. Kasat Lantas Polres Madiun Kota, AKP Budi Cahyono, mengatakan pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan saat CFN di tiga lokasi tersebut.

Pengalihan arus lalu lintas ini untuk menghindari kemacetan di Kota Madiun. "Pengendara yang sekadar melintas diimbau tidak melewati jalan-jalan tengah kota. Ini karena sebagian jalan tengah kota bakal disterilkan," kata Budi, Sabtu (28/12/2019).

Bela Asal Ngawi Bukan PL Tapi Pedagang Online, Ini Kronologi Pembunuhannya

Area steril kendaraan bermotor mulai dari Jl. Pahlawan hingga perempatan tugu. Selain itu, ada di Jl. Semeru dan Jl. Kolonel Marhadi hingga alun-alun. Jalan-jalan di sekitar lokasi CFN akan dijadikan kantong parkir.

Masyarakat bisa memarkir kendaraan di Jl. Kolonel Marhadi sisi barat alun-alun, Jl. Kutilang, Jl. Bogowonto, sampai Jl. Panglima Sudirman atau depan Pasar Besar Madiun.

Jl. Panglima Sudirman akan difungsikan menjadi kantong parkir sampai pertigaan Jl. dr. Soetomo.

"Kantong parkir area CFN Jl. alan Pahlawan akan menggunakan ruas Jl. Sulawesi, Jl. Kalimantan, dan Jl. Perintis Kemerdekaan. Sebagian Jl. Jawa juga akan menjadi kantong parkir. Begitu juga Jl. Pahlawan depan Bakorwil," kata dia.

Liburan di Mal Bareng Jan Ethes, Jokowi Beli Kartu Bermain Rp660.000

Budi menambahkan juru parkir tidak boleh menggunakan seluruh ruas jalan sebagai tempat parkir. Harus ada jalan yang difungsikan untuk jalur evakuasi dan jalan masuk mobil patroli.

Penutupan jalur tersebut dilakukan mulai Selasa (31/12/2019) pukul 17.00 WIB sampai Rabu (1/1/2020). Sedangkan khusus untuk Jl. Pahlawan, penutupan akan dilakukan sejak H-1. Ini karena di jalan tersebut ada pembangunan panggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya