SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, didorong meningkatkan kualitas usahanya agar bisa bersaing di pasar global.

“Kami memfasilitasi pelaku usaha IKM agar mempunyai potensi untuk ekspor,” ujar Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSPKUM) Kota Madiun, Maryanto, Sabtu (30/3/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menambahkan Pemkot Madiun juga telah memberikan kemudahan dalam bentuk regulasi dan perizinan untuk dapat melakukan ekspor.

Data menyebutkan pada tahun 2017 ada sebanyak 23.276 pelaku usaha IKM. Sedangkan, pada 2018 sebanyak 23.360 pelaku usaha. Dengan perincian 20.941 usaha mikro, 2.196 usaha kecil, dan 223 usaha menengah.

Puluhan ribu usaha IKM tersebut, ungkap dia, sangat memiliki potensi untuk berkembang dan menembus pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha.

Potensi itu, lanjut Maryanto, bisa ditingkatkan. Terlebih DPMPTSPKUM sudah memfasilitasi para pelaku usaha dengan kemudahan dalam memroses keperluan untuk pengembangan usaha. Di antaranya seperti prosedur ekspor, perizinan, promosi, hingga pemasaran.

“Jika mereka sukses, akan menjadi multiefek bagi para pelaku usaha IKM lainnya untuk segera mengikuti jejak,” kata dia.

Dari 23.360 unit IKM di Kota Madiun, tercatat dapat menyerap sekitar 8.000 tenaga kerja dengan nilai produksi mencapai Rp65 miliar per tahun. Dari puluhan ribu IKM tersebut, sebanyak 60 persen di antaranya merupakan usaha kecil yang bergerak di bidang makanan olahan.

Salah satu produk unggulan yang diproduksi adalah sambal pecel, jajanan madumongso, kerupuk puli (lempeng), dan lainnya. Sisanya, produk unggulan kerajinan lain seperti batik, konfeksi, dan mebel. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya