Pemkot Madiun Bikin Majelis Taklim Khusus Janda, Ini Tujuannya

Maidi menuturkan saat ini ada sekitar 20.000 janda maupun duda yang ada di Kota Madiun.

 Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Maidi meresmikan majelis taklim khusus janda muslimah di wilayahnya, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Maidi meresmikan majelis taklim khusus janda muslimah di wilayahnya, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur membentuk majelis taklim yang khusus diperuntukkan bagi janda muslimah. Diharapkan majelis taklim ini bisa menjadi tempat saling menguatkan para perempuan yang kini hidup tanpa suami.

Majelis taklim bagi janda yang diberi nama Khoirun Nisa ini diresmikan Wali Kota Madiun, Maidi, di rumah dinasnya, Jumat (26/11/2021).

Maidi menuturkan saat ini ada sekitar 20.000 janda maupun duda yang ada di Kota Madiun. Untuk sementara, anggota majelis taklim ini masih dalam pendataan.

“Nanti pengurus akan menginventarisasi janda-janda yang ada di setiap kelurahan,” kata Maidi.

Baca Juga: Disebut Sombong, Peraih Medali PON Papua Ingin Tinggalkan Kota Madiun 

Wali kota menuturkan pembentukan majelis taklim khusus bagi janda ini diharapkan sebagai tempat saling menguatkan.

Nantinya akan banyak kegiatan yang bersifat keagamaan, terlebih majelis ini dibimbing Majelis Ulama Indonesia (MUI) Madiun. Pemerintah melalui Baznas juga memiliki banyak program terkait itu.

“Tidak semua janda bahagia. Bayangkan, mereka yang sudah ditinggal suami ini harus apa-apa sendiri. Mungkin sesekali bisa berbagi dengan keluarga, tetapi keluarga juga kadang punya masalah. Makanya dengan adanya ikatan ini, mereka bisa saling berbagi dengan yang senasib,” jelasnya.

Maidi menyampaikan ruang ini juga bisa menjadi tempat berkegiatan para janda yang sudah lanjut usia. Sehingga mereka bisa terus aktif berkegiatan positif.

“Bukan hanya dari pemerintah, tetapi janda yang mungkin kaya bisa saling membantu yang kurang mampu. Jadi ikatan akan semakin kuat karea berlatar belakang nasib yang sama” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Enak Pol! Lethok Mbah Sumini, Kuliner Ngawi yang Mirip Sambal Tumpang

Lethok merupakan salah satu kuliner khas Ngawi yang memiliki kemiripan dengan sambal tumpang.

2 Orang Ditemukan Meninggal di Tol Madiun-Surabaya, Korban Tabrak Lari?

Sebanyak dua orang ditemukan meninggal dunia di Jalan Tol Madiun-Surabaya Kilometer (Km) 622.180, pada Selasa (25/1/2022) diduga korban tabrak lari.

Viral Lantaran Diusir Warga Malang, Ini Profil Haikal Hassan

Inilah profil Haikal Hassan atau Babe Haikal yang tengah viral lantaran diusir warga saat hendak mengisi acara di Kota Malang.

Kriuk! Camilan Keripik Tempe Khas Ngawi, Sudah Pernah Coba?

Camilan keripik tempe dari Ngawi, Jawa Timur menjadi salah satu penganan khas Kabupaten Ngawi yang memiliki rasa gurih dan kriuk.

Tahukah Kamu? Ternyata, Alun-Alun Ngawi Terbesar se-Jawa Timur Lo...

Alun-alun Ngawi menjadi kawasan alun-alun terbesar se-Jawa Timur.

Ini 9 Wisata Ciamik di Ngawi, Ada Pesona Alam dan Kerajinan Kayu Jati

Sebanyak 9 wisata di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jatim menawarkan pesona alam dan kerajinan kayu jati yang sayang kalau dilewatkan.

19 Kasus Covid-19 di Madiun, Ini yang Akan Dilakukan Polres dan Pemkab

Kabupaten Madiun bakal menggalakkan kembali operasi prokes menyusul jumlah kasus positif Covid-19 di Madiun mencapai 19 orang.

Kecelakaan Karambol Libatkan 3 Motor di Madiun, 1 Pelajar Meninggal

Seorang pelajar asal Ponorogo, Bintang Bourguiba Aulia Malik, 19, meninggal setelah terlibat kecelakaan karambol melibatkan 3 motor di Madiun Senin (24/1/2022) sekitar pukul 06.25 WIB.

Air Terjun Pengantin di Ngawi Ini Dipercaya Bikin Hubungan Langgeng

Air Terjun Pengantin di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dipercaya dapat membuat hubungan semakin langgeng.

9 Warga Madiun Terpapar Covid-19 Varian Omicron, dari Klaster Bank?

Sembilan warga Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Sebagian yang terpapar varian Omicron berasal dari klaster kantor BNI Cabang Madiun.

Petugas LP di Jatim Endus 31 Paket Sabu-Sabu Dalam Kemasan Sabun Cair

Petugas LP Kelas IIB Tulungagung, Jawa Timur, menggagalkan penyelundupan 31 paket narkoba jenis sabu-sabu dan 40 butir psikotropika jenis dobel L dalam kemasan sabun cair.

Polisi Belum Ungkap Pembunuhan Janda Madiun, Pelaku Masih Misteri

Teka-teki terkait siapa pelaku pembunuhan janda di Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, belum terungkap.

Korupsi APBDes Madiun, Begini Hasil Pemeriksaan Polisi

Petugas Satreskrim Polres Madiun rampung memeriksa tersangka kasus korupsi APBDes Kaligunting, Kecamatan Mejayan.

Astaga! Warung di Ponorogo Ludes Terbakar, Begini Kronologinya

Begini kronologi kebakaran warung di Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jatim ludes terbakar, Sabtu (22/1/2022).

Pedagang Pindah, Pasar Bunga Stadion Wilis Madiun Tinggal Kenangan

Hampir semua pedagang Pasar Bung di belakang Stadion Wilis, Kota Madiun, sudah pindah ke lokasi baru di Jl D.I. Panjaitan.