SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Kalangan petani di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, diminta menanam cabai di lahannya untuk menjaga stok di pasaran. Imbauan itu disampaikan Wali Kota Madiun, Madiun, menyikapi tingginya harga cabai beberapa waktu terakhir yang disebabkan pasokan minim

Maidi mengatakan petani di Kota Madiun akan diberikan stimulus untuk tidak hanya menanam padi, tetapi juga cabai. Sebab, komoditas tersebut seringkali menyumbang inflasi karena stoknya dari sentra produksi terbatas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Stimulus itu diberikan dengan rencana menyewakan lahan bengkok dengan harga murah disertai syarat wajib ditanami selain padi, seperti cabai atau kacang,” ujar Maidi di Madiun, Sabtu (27/7/2019).

Dia menambahkan Pemkot Madiun memiliki lahan bengkok seluas 170 hektare dan 40 hektare di wilayah Pagotan, Kabupaten Madiun.

Lebih lanjut, Wali Kota Maidi menambahkan pihaknya sengaja memilih cabai dan kacang karena kedua komoditas tersebut merupakan kebutuhan dasar pelaku UMKM sambal pecel yang menjadi ikon Kota Madiun. 

“Karena itu, penanaman cabai dan kacang tanah juga sebagai upaya membantu dan melestarikan keberlangsungan pengolahan sambal pecel di kota ini,” katanya.

Maidi menjelaskan selama ini Kota Madiun selalu mendatangkan cabai dan kacang tanah dari daerah luar yang menghasilkan komoditas tersebut. Hal itu tentu saja kurang baik untuk menekan inflasi.

Dia berharap penanaman cabai dapat segera diwujudkan. Tidak hanya bagi petani, namun juga masyarakat Kota Madiun. Warga juga diminta untuk menanam cabai di pekarangan rumah, sehingga saat harga tinggi, warga tidak bingung dan bisa memenuhi kebutuhan keluarganya sendiri.

Seperti diketahui, saat ini, harga cabai di Kota Madiun dan sekitarnya masih cukup tinggi yakni berkisar antara Rp55.000 hingga Rp76.000 per kilogram untuk semua jenis cabai.

Kondisi itu terjadi karena pasokan dari sentra produksi minim akibat petani gagal panen. Tanaman cabai banyak yang mati karena imbas dari musim kemarau. Adapun cabai di Kota Madiun biasa dipasok dari wilayah Kediri dan Magetan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya