SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kota Jogja menggelar seleksi kepada 57 pegawai yang terdiri dari sekretaris kecamatan dan lurah untuk mengikuti pendidikan dan latihan teknik pemerintahan calon camat.

“Ada 30 orang yang nantinya dinyatakan lolos dari seleksi, sehingga layak mengikuti pendidikan dan latihan teknik pemerintahan calon camat yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Kota Jogja, Achmad Fadli di sela seleksi fisik yang digelar di Stadion Mandala Krida Jogja, Jumat (24/1/2014).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Menurut dia, seleksi calon camat tidak hanya dilakukan melalui seleksi fisik, tetapi juga seleksi tertulis, termasuk sikap dari peserta selama mengikuti seluruh kegiatan seleksi.

Fadli menambahkan, seleksi fisik digelar karena jabatan camat membutuhkan stamina dan kebugaran agar seluruh camat bisa melakukan tugasnya dengan maksimal.

Pada seleksi fisik di Stadion Mandala Krida, seluruh peserta diminta berlari mengelilingi stadion selama 15 menit dilanjutkan dengan “push up” dan “sit up” serta memberikan laporan kepada Walikota Jogja Haryadi Suyuti.

“Kami ingin memperoleh calon camat yang benar-benar sehat jasmani dan rohani. Tuntutan kerja sebagai camat untuk memberikan pelayanan 24 jam per hari kepada masyarakat membutuhkan kebugaran fisik dan mental,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan, kegiatan untuk mendapat calon camat dengan melakukan seleksi tertulis dan fisik tersebut baru digelar untuk pertama kalinya oleh Pemerintah Kota Jogja.

“Sebelumnya tidak ada. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kebugaran lurah dan camat selama menjalankan tugasnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Haryadi, kegiatan pendidikan dan latihan pada 2 Februari – 2 April di Bandung yang akan diikuti calon camat sangat menguras energi, sehingga kondisi fisik calon peserta harus disiapkan.

“Kami berharap bisa memiliki camat-camat yang berkualitas,” tukasnya, berharap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya