SOLOPOS.COM - Logo Pemkot Jogja

Pembangunan Science Park butuh bantuan Pusat.

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Kota Jogja tengah menggodok konsep pembangunan science park atau taman ilmu pengetahuan di Jogja bagian selatan sebagai alternatif tujuan wisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan master plan pembangunan science park sudah selesai, hanya tinggal penyusunan detail engineering desain (DED) yang direncanakan pada 2018 mendatang. Setelah itu jadi, pihaknya berharap proses pembangunan sudah bisa dimulai pada 2020 nanti.

Heroe mengakui pembangunan science park seluas sekitar 3,4 hektare di Jalan Tegalturi, Giwangan itu membutuhkan biaya banyak. Karena itu Pemerintah Kota sudah menyampaikan rencana pembangunan tersebut ke Pusat, “Harapannya ada bantuan pendanaan dari pusat,” kata Heroe, Minggu (5/10/2017).

Setidaknya, kata Heroe, bantuan dari pusat bisa berupa pembangunan embungnya. Pihaknya kemudian membangun sarana pelengkap di sekitarnya. Heroe berujar konsep pembangunan science park merupakan kelanjutan dari Taman Pintar. Namun ia menegaskan akan banyak perbedaan dengan Taman Pintar sehingga nantinya dua obyek wisata itu saling melengkapi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Fisik, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja, Wahyu Handoyo mengatakan konsep pembangunan taman ilmu pengetahuan di Jogja bagian selatan lebih ke ruang terbuka biru, dimana ada embung sebagai sumber resapan air.
Embung itu nantinya akan menjadi pusat edukasi teknologi pengolahan air sekaligus berfungsi sebagai wahana rekreasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya