SOLOPOS.COM - Ilustrasi/whv.fr

Ilustrasi/whv.fr

JOGJA—Dana Santunan Kematian (Sankem) 2012 untuk warga pemegang KMS (Kartu Menuju Sejahtera) akan dicairkan besok Senin (10/12/2012). Lokasi pencairan dana dilakukan di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Menurut Kepala Dinsosnakertrans Jogja, Muh Sarjono, pihaknya sengaja memindah lokasi penyaluran bantuan santunan kematian dari loket Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) atau komplek Dinas Perizinan ke Kantor Dinsosnakertrans agar proses pencairan lebih efektif.
“Jadi, besok (hari ini) mulai pukul 09.00 WIB, kami siap melayani pencairan dana Sankem. Syaratnya, calon penerima harus membawa berkas tambahan dan itu sudah kami sampaikan ke para lurah dan camat agar diteruskan kepada penerima Sankem,” ungkapnya, Minggu (9/12/2012).

Berkas yang dilampirkan antara lain foto kopi KMS, Foto kopi kartu keluarga (C1) almarhum, serta foto kopi ahli waris sebanyak 2 lembar. Persyaratan pencairan dana Sankem tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penyalura santunan kematian pada tahun ini hanya diperuntukkan bagi pemegang KMS.

Hal ini mengacu pada Permendagri Nomor 39/2012 tentang Pedoman Penyaluran Dana Hibah dan Bantuan Sosial. Sesuai aturan tersebut, santunan kematian hanya boleh diberikan untuk warga dengan resiko sosial. Sementara warga yang tidak tercantum sebagai pemegang KMS, terpaksa tidak mendapatkan santunan. Hingga Mei lalu, total warga yang mengajukan dana Sankem sebanyak 995 orang. Setelah diverifikasi dari jumlah tersebut hanya 223 orang saja yang berhak menerima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya