SOLOPOS.COM - Taman Pintar.dok

Pemkot Jogja dan pemerintah Turki galang kerjasama.

Harianjogja.com, JOGJA-Walikota Jogja berencana bekerjasama dengan Walikota Istanbul Turki untuk membuat miniatur Museum Panorama 1453 di Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kunjungannya ke Balaikota Jogja, Kepala Bidang Pariwisata Istanbul sekaligus Kepala Museum Panorama 1453 Saleh Dogan mengatakan Indonesia dan Turki memiliki hubungan persahabatan yang erat sejak masa lalu, mulai dari persahabatan sesama muslim hingga kerajaan. Salah satunya, papar dia, Sultan Salim II pernah mengirimkan bantuan 22.000 kapal ke Malaka untuk membantu melawan Portugis.

“Perisitiwa itu juga tercatat di museum kami,” ujarnya, Senin (31/8/2015).

Dijelaskannya, tingkat kunjungan wisatawan ke museum tersebut mencapai lima juta orang sejak dibuka pertama kali pada 2009. Museum tersebut menyimpan rekaman dan dokumentasi serta berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah Turki.

Saleh menuturkan, sebagai bentuk kedekatan dengan Indonesia, Museum Panorama 1453 juga membuat brosur dalam bahasa Indonesia yang ditujukan untuk wisatawan Indonesia.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengaku memperoleh tawaran dari Pemkot Istanbul untuk membuat miniatur museum tersebut di Jogja. “Ini masih penjajakan tapi rencananya akan saya tempatkan di Taman Pintar,” ucapnya.

Kendati demikian, rencana tersebut masih akan dibahas lebih lanjut, mengingat melibatkan dua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya