Kategori: Kota Jogja

Pemkot Jogja Gelar PTM SD dan SMP Awal Mei


Solopos.com/Harian Jogja/Sirojul Khafid

Solopos.com, JOGJA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja Akan selenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada awal Mei 2021. Ada lima sekolah dari SD dan SMP yang akan menjadi percontohan.

Menurut Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Jogja, Dedi Budiono, sudah ada penetapan sekolah yang menjadi percontohan dan teknis pelaksanaan PTM SD.

"Rencana hari Senin [26/4/2021] menghadap pak Wakil Wali Kota Jogja, untuk melaporkan teknis pelaksanaanya," kata Dedi saat dihubungi secara daring, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Jembatan Baru Kebon Binatang Gembira Loka Jogja Akan Beroperasi Senin Depan

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, sembari menunggu pelaksanaan PTM jenjang SD dan SMP, Pemerintah Kota Jogja akan memantau PTM jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Percobaan PTM jenjang SLTA sudah berlangsung sejak 19 April 2021. Percobaan direncanakan selama dua minggu.

"Sekaligus melihat kondisi PTM SMA saat ini seperti apa, memantau pelaksanaan uji coba yang SMA," kata Heroe.

Sebelum melaksabakan PTM dalam skala besar, Pemkot Jogja telah laksanakan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nahas, Bakar Bubuk Mercon, 3 Bocah Alami Luka Bakar

"ASPD sudah jadikan latihan juga. Kami jadikan bagian dari uji coba ketika anak keluar masuk sekolah seperti apa," kata Heroe. "Karena PTM agak banyak yang dilibatkan, kami lihat apa saja yang perlu diperbaiki dalam PTM SMA ini."

Dari sisi persiapan, pembelajaran tatap muka di SD dan SMP di Kota Jogja sudah berlangsung sejak Desember 2020. Khususnya persiapan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.

Verifikasi mengenai kesiapan sekolah, 65 SD/MI dan 165 SMP/MTs negeri maupun swasta juga sudah dilakukan pada Januari dan Maret. "Seluruhnya dinyatakan siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka," kata Heroe.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi