SOLOPOS.COM - Patung akar menjadi salah satu spot favorit mengabadikan gambar di kawasan Titik Nol. (JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Harianjogja.com, JOGJA– Kawasan Titik Nol yang berada di jantung Kota Jogja merupakan salah satu ruang publik favorit para wisatawan maupun warga Kota Jogja. Namun sayang, akhir-akhir ini kawasan tersebut banyak dikeluhkan oleh masyarakat karena sampah yang berserakan sehingga membuat pengunjung tak nyaman.

Menyikapi kondisi tersebut, Walikota Jogja, Haryadi Suyuti di sela unjungannya ke UPT Malioboro, Jumat (17/1/2014) menyatakan segera membentuk satuan tugas (satgas) khusus kebersihan Titik Nol.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

“Kawasan Titik Nol itu adalah ruang publik yang jadi pusat perhatian banyak orang. Tak hanya para wisatawan tapi juga orang Jogja sendiri. Untuk itu kebersihan di Titik Nol perlu mendapatkan perhatian khusus,” jelasnya.

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti prihatin dengan kondisi kebersihan dan kenyamanan di Kawasan Titik Nol terutama pada musim liburan yang dipenuhi banyak sampah dan tidak teratur.

Atas dasar itu, pihaknya memerintahkan UPT Malioboro untuk membentuk satgas khusus kebersihan Titik Nol. Meskipun setiap pagi sudah ada petugas rutin yang bertugas membersihkan kawasan tersebut, menurutnya perlu ditambah kehadiran petugas satgas khusus kebersihan.

Sebagai salah satu ruang publik terbesar di Kota Jogja, Kawasan Titik Nol merupakan salah satu magnet wisata di Kota Jogja disamping Malioboro yang menjadi satu kawasan.

Aspek kebersihan baik dari sampah organik maupun anorganik sangat diperhatikan untuk menciptakan kawasan yang bersih dan tertib sehingga pengunjung akan betah untuk bersantai berlama-lama.

Haryadi Suyuti berharap UPT Malioboro didukung SKPD terkait terutama BLH dan Dinas Ketertiban untuk mendukung keberadaan satgas khusus kebersihan di Kawasan Titik Nol.

Diharapkan pula, para satgas khusus kebersihan ini tak hanya bertugas menciptakan kawasan yang bersih tapi juga bisa mengajak pengunjung untuk menjadi ikut menjaga Titik Nol dengan bersikap tertib dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Dengan begitu Titik Nol akan menjadi ruang publik yang bersih dan nyaman untuk siapa saja yang berkunjung ke Jogja,” kata Haryadi Suyuti.

Sementara itu, Kepala UPT Malioboro, Syarif Teguh mengaku siap untuk menindaklanjuti perintah Walikota untuk membentuk satgas khusus kebersihan di Titik Nol.

Pekan depan pihaknya akan memulai peran satgas ini khususnya untuk menjaga kebersihan Kawasan Titik Nol. Untuk mewujudkan Kawasan Titik Nol yang bersih dan nyaman dikunjungi, pihaknya minta dukungan dari berbagai pihak baik SKPD terkait maupun para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya