SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemkot Jogja menggelar Seleksi Desain Becak Berkarakter nJogjani

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja hingga saat ini menerima tiga proposal dalam ajang yang bertajuk Seleksi Desain Becak Berkarakter nJogjani. Selain untuk meningkatkan layanan wisata, lomba ini juga ditujukan untuk mengatasi polemik terkait keberadaan becak motor.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Baca Juga : PEMKOT JOGJA : Akhir Tahun Desain Becak Berkarakter nJogjani Diumumkan

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Affrio Sunarno mengatakan dari data yang ada di Bappeda Kota Jogja, disebutkan  Becak Berkarakter nJogjani harus memenuhi sembilan kriteria yang telah ditetapkan. Sembilan kriteria itu mengatur tentang dimensi, sistem kemudi, sistem rem, sistem suspensi, berat kosong, alat keselamatan, sistem pencahayaan dan tidak meninggalkan ciri budaya Jogja yang berpusat pada Keraton Ngayogyakarta Hadingrat.

Dari kesembilan poin tersebut, terdapat satu poin krusial yang dapat menjadi jawaban dari polemik bentor selama ini, yakni poin kelima yang berbunyi dapat menambah alat bantu gerak non-Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk membantu daya kayuh becak, dengan batasan kecepatan maksimal 20 km/jam.

“Karena bentor dilarang, sebagai gantinya ada bantu gerak minimal,” ungkap Affrio, Kamis (14/9/2017).

Harapan Pengemudi Becak

Terpisah, Ketua Paguyuban Becak Motor Jogja, Parmin mengatakan setelah desain becak sudah terpilih, maka dirinya akan segera melakukan sosialisasi dan penawaran kepada para anggotanya. Satu hal yang ia tekankan dalam realisasi Becak Berkarakter nJogjani adalah harga,

“Desain itu tidak boleh mempersulit, kalau mahal kami tidak akan mampu mengaksesnya. Itu yang penting,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya