SOLOPOS.COM - Becak kayuh Tetap Digemari (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pemkot Jogja menggelar Seleksi Desain Becak Berkarakter nJogjani

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja hingga saat ini menerima tiga proposal dalam ajang yang bertajuk Seleksi Desain Becak Berkarakter nJogjani. Selain untuk meningkatkan layanan wisata, lomba ini juga ditujukan untuk mengatasi polemik terkait keberadaan becak motor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Perlu Komitmen Pemkot Jogja Wujudkan Becak Wisata

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Affrio Sunarno mengungkapkan tiga proposal yang telah diterima pihaknya semuanya berasal dari institusi pendidikan, yakni Universitas Ahmad Dahlan (UAD), SMKN 3 Jogja, dan SMK Piri.

Ia mengatakan pendaftaraan telah mulai dibuka sejak pertengahan Bulan Agustus dan rencananya akan ditutup pada akhir September 2017. Jadi masih ada kesempatan bagi pihak yang ingin turut berpartisipasi,

“Akhir tahun kemungkinan desain terpilih sudah bisa diumumkan. Kemudian eksekusi desain bisa dilakukan April 2018,” kata Affrio saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/9/2017).

Pada proses penjurian, lanjut Affrio, Bappeda akan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Polres Kota Jogja, Polda DIY, Dinas Perhubungan DIY, dan Dinas Perhubungan Kota Jogja. Ketika nantinya Becak Berkarakter nJogjani telah rampung, ia berharap para penarik becak kayuh dan becak motor (bentor) bisa segera bermigrasi.

“Bagaimana pun bentor menyalahi aturan. Tapi karena regulasi pelarangan adalah kewenangan gubernur, maka kami berusaha mencari jalan keluar lewat desain becak yang bukan hasil modifikasi motor. Kami ingin penyelesaian permasalahan di masyarakat bisa berpihak pada kepentingan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya