SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mobil Ambulance (photoeverywhere.co.uk)

Pemkot Jogja terus berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja berencana memperbanyak ambulani mini untuk ditempatkan di semua puskesmas. Pengadaan ambulan mini ini diharapkan dapat mempermudah daya jangkau pasien di kawasan padat penduduk yang jalannya relatif kecil.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Saat ini baru ada satu ambulans mini yang dimiliki Puskesmas Mantrjeron. Ambulan jenis Suzuki Karimun Wagon dengan kapasitas 998 cc itu merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Melihat kondisi geografis Kota Jogja alangkah baiknya layanan kesehatan dijangkau dengan ambulans mini,” kata Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti di Balai Kota Jogja, Kamis (17/8/2017).

Meski ambulans mini, menurut Haryadi harus tetap mempertahankan faktor keselamatan dengan tersedianya peralatan medis. Ia berencana mengusulkan pengadaan ambulans mini tersebut melalui APBD 2018 mendatang atau paling tidak di APBD 2019. Namun ia belum bisa menyebut kebutuhan anggaran untuk pengadaan ambulans itu karena masih wacana.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Jogja, Agus Sudrajat menambahkan ambulans mini yang kini dimiliki Puskesmas Mantrijeron sifatnya bukan kendaraan untuk gawat darurat melainkan ambulans transportasi. Artinya, kata dia, pasien yang akan dibawa ambulans tersebut adalah pasien yang memenuhi syarat untuk bisa dipindah-pindah.

Menurut dia, walau pun ambulan transportasi, ambulans mini tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan medis, di antaranya tabung oksigen, alat bantu pernafasan, kotak obat pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K.

Ambulans tersebut juga tidak bisa ditumpangi banyak orang, “Hanya untuk satu pasiens, seorang petugas medis, dan sopir,” ujar dia. Ambulans itu juga tetap dilengkapi tandu yang menjulur sampai sampai bagian depan atau samping kiri sopir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya