SOLOPOS.COM - Ilustrasi autonomous rail transit (ART). (Antara-Laily Rahmawaty)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang bermaksud menyiapkan alternatif transportasi umum berbasis kereta (autonomous rail transit/ART) dengan menghidupkan kembali Semarang Trem.

Keinginan mengidupkan kembali Semarang Trem sebagai alternatif transportasi umum dalam kota berbasis kereta api itu dikemukakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Sabtu (12/10/2019). Menurutnya, pemerintah kota akan menggandeng PT KAI untuk mewujudkan rencana tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Transportasi umum berbasis kereta api merupakan yang paling memungkinkan di Kota Semarang," katanya.

ART berupa Semarang Trem itu, kata dia, merupakan yang paling memungkinkan untuk ibu kota Jawa Tengah ini. "Tergantung mana yang paling cepat dan efisen," tambahnya.

Menurut dia, selain memenuhi kebutuhan transportasi umum, angkutan berbasis kereta api ini juga dapat mendukung sektor pariwisata Kota Semarang. Angkutan kereta dalam kota itu, lanjut dia, disiapkan melintasi jalan protokol, seperti Jl. Pemuda, Jl. MT Haryono, serta kawasan Simpang Lima.

Selain itu, ia juga menyebut desain yang dipersiapkan juga memungkinkan alternatif rute Pedurungan yang berada di bagian timur Semarang menuju Bandara Ahmad Yani.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya