SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan dana  Rp13 miliar untuk sarana dan prasarana (Sapras) pengoperasian Terminal Tirtonadi dengan sistem boarding pass pada 2013 mendatang.

Kasubag TU UPTD Terminal Tirtonadi Eko Agus S ketika dijumpai Solopos, akhir pekan lalu mengatakan telah mengajukan anggaran untuk sarana dan prasarana terminal pada APBD 2013. Dia merinci alokasi pengajuan sarana dan prasarana lain seperti pembangunan pagar depan terminal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diharapkan dengan pembangunan pagar ini untuk menghindari taman rusak diinjak-injak penumpang. Sementara itu, dia menambahkan alokasi anggaran terbesar yakni sekitar Rp10 miliar diajukan untuk kelanjutan pembangunan terminal bagian tengah.

Selain itu, dia menambahkan pengadaan troli yang dapat digunakan untuk membawa barang bawaan penumpang di terminal. Pengajuan pengadaan troli ini masuk dalam pengajuan alokasi anggaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo senilai Rp28,7 miliar untuk pengadaan Bus Batik Solo Trans (BST) dan lanjutan pembangunan Terminal Tirtonadi. Pengajuan itu masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2013.

“Kan kasihan itu penumpang harus berjalan hampir 1 kilometer dengan membawa barang bawaannya. Jadi kami ajukan pengadaan troli,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo Yosca Herman Soedrajad sebelumnya mengatakan telah mengusulkan alokasi anggaran senilai Rp28,7 miliar untuk pengadaan Bus Batik Solo Trans (BST) dan lanjutan pembangunan Terminal Tirtonadi. Pengajuan itu masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2013.

Sementara ini, dia mengatakan akan menempatkan beberapa petugas di lokasi terminal sisi barat. Petugas ini siap membantu jika ada calon penumpang, terutama usia lanjut yang kesulitan membawa barang bawaan.

“Jadi sementara ada petugas yang akan membantu. Tapi mungkin ya bagi penumpang yang sudah lanjut usia dan butuh bantuan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya