SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo optimistis anggota DPRD baru yang mayoritas wajah baru mampu bekerjasama dengan eksekutif turut mendukung dan menyelesaikan megaproyek.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menjelaskan, megaproyek tinggal melanjutkan konsep yang sudah jadi untuk diaplikasikan dalam penerapan nyata di lapangan. Artinya tidak butuh lobi lagi di tingkat pusat yang menuntut kapasitas handal dan pengalaman legislatif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Megaproyek cuma tinggal meneruskan dari upaya keras yang sudah berhasil dituangkan oleh pemerintahan sebelumnya. Jadi saya kira tidak ada situasi rumit lagi,” ujar Hasto kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati juga menyampaikan pernyataannya terkait adanya fenomena sejumlah mantan kepala desa (Kades) yang berhasil menduduki kursi Dewan.

Menurut dia, hal tersebut patut diapresiasi Dokter spesialis opgyn tersebut percayan mantan Kades yang kini menduduki kursi Dewan memiliki pengalaman serta kecakapan untuk mewujudkan legislasi untuk kemajuan daerah.

Pengalaman Kades dalam mengendalikan roda pemerintahan di desa menjadi sebuah modal yang sangat berharga menurut Hasto.

“Dengan pernah memimpin masyarakat desa, saya yakin mereka juga mumpuni dalam mengemban amanat rakyat sebagaimana fungsinya sebagai wakil rakyat yang dititipi aspirasi,” katanya.

Pernyataan senada terlontar dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulonprogo, Tony Hari Prasetya.
Tony mengungkapkan, pendatang baru khususnya dari partainya memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi kompetensinya. Pasalnya, jauh-jauh hari internal partai sudah melakukan seleksi ketat terkait kecakapan Caleg yang hendak menggunakan PDIP sebagai alat menuju kursi Dewan.

“Meski pendatang baru bukan berarti mereka belum teruji kompetensinya. Tiap partai, termasuk kami sudah melakukan saringan ketat untuk menjaring kader yang berkualitas,” paparnya terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya