Tutup Iklan

Pemkab Wonogiri Usulkan 3 Lokasi untuk TMMD Tahun Depan, Mana Saja?

Pada Rabu (31/3/2021), telah dilaksanakan penandatanganan naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD dalam rangka penutupan TMMD reguler ke-110 2021 di Wonogiri

 Penandatanganan naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD dalam rangka penutupan TMMD reguler ke-110 2021 di Ruang Khayangan, Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (31/3/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Penandatanganan naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD dalam rangka penutupan TMMD reguler ke-110 2021 di Ruang Khayangan, Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (31/3/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Reguler ke-110 2021 di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, telah selesai. Selanjutnya, ada tiga tempat yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk lokasi TMMD Reguler 2022.

Pada Rabu (31/3/2021), telah dilaksanakan penandatanganan naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD dalam rangka penutupan TMMD reguler ke-110 2021 di Ruang Khayangan, kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Kegiatan itu dihadiri oleh Danrem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Deddy Suryadi.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, mengatakan TMMD di Brenggolo yang menyasar 26 kegiatan fisik dan sejumlah kegiatan non fisik telah selesai pada Rabu.

Baca juga: Disdikbud Ungkap Semua SD dan SMP di Wonogiri Siap Gelar Uji Coba PTM Tapi...

Kegiatan yang dimulai sejak 2 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021 itu diawali dengan kegiatan pra TMMD selama tiga pekan.

"Dengan selesainya kegiatan ini diharapkan bisa digunakan untuk kelancaran transportasi dan perekonomian warga. Hasil bumi atau panen warga yang dulunya masih dibawa dengan jalan kaki, kini bisa [diangkut] dengan transportasi. Sehingga akses ekonomi warga Brenggolo menjadi lebih mudah," kata dia.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan pada 2022 Pemkab Wonogiri mengusulkan tiga tempat yang bakal digunakan untuk lokasi TMMD reguler. Tiga tempat itu berada di Kecamatan Purwantoro, Tirtomoyo, dan Eromoko.

Baca juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka SMA, SMK, MAN di Wonogiri Tanpa Sif

"Anggaran sudah kami siapkan, sudah kami dorong. Saat ini kami berkoordinasi dengan beberapa pihak khususnya TNI sebagai bentuk sinergitas. Program itu dimaknai sebagai kegiatan berkesinambungan dan berkelanjutan," kata dia.

Ia mengatakan, yang tidak kalah penting dari program itu adanya sejumlah kegiatan non fisik. Kegiatan berupa pelatihan dan edukasi wawasan kebangsaan menumbuhkan nasionalisme warga sekitar.

"Luar bisa, partisipasi masyarakat dari berbagai lapisan mempunyai semangat gotong royong," kata dia.

Diketahui, TMMD di Brenggolo terdapat 26 sasaran fisik yang meliputi penyiapan badan jalan, empat tirik drainase, dua pos kamling, satu kilometer makadam jalan, dua titik jembatan, dua titik rabat beton, tiga gorong-girong buis beton, tujuh talud jalan dan empat cerucuk bambu. Selain itu juga terdapat sejumlah kegiatan non fisik.

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Begini Langkah Bupati Wonogiri

Sasaran fisik Program TMMD di Desa Brenggolo itu mengerjakan badan jalan yang bisa menghubungkan Dusun Gemawang dengan Dusun Tempel, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Pacitan.

Adapun anggaran yang digunakan dalam pembangunan itu sebesar Rp1.547.027.850. Dengan rincian, APBD provinsi sebesar Rp175 juta, APBD kabupaten sebesar Rp1.087.208.500 dan swadaya desa Rp284.819.350. (M. Aris Munandar)


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Sejumlah komunitas pencinta kucing akan memberikan penghargaan kepada Polres Sukoharjo yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan 53 ekor anjing di Kartasura.

Disperum Solo Tertibkan Kamar Lantai 2 yang Dibangun dengan Dana RTLH

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo sudah mendatangi dan menertibkan kamar lantai II di Mojosongo yang dibangun menggunakan dana RTLH.

Vaksinasi Covid-19 Berlanjut, DKK Solo Giliran Sasar Tempat Wisata

Dinas Kesehatan Kota Solo tersebut menggencarkan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga yang beraktivitas di tempat-tempat wisata seperti TSTJ dan Balekambang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Sasar Pengunjung Tempat Wisata

Vaksinasi Covid-19 di Solo mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar salah satunya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan.

9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

Sembilan orang remaja, dua di antaranya perempuan, digerebek Satpol PP Sukoharjo saat pesta miras di perempatan tengah sawah Desa Sidorejo, Bendosari.

Simpang 4 Jombor Klaten Rawan Kecelakaan, Warga Usul Ada Traffic Light

Warga mengusulkan adanya traffic light karena di persimpangan Jombor, Ceper, Klaten, di jalan Solo-Jogja kerap terjadi kecelakaan.

Tertabrak Pemotor, Pensiunan PNS Meninggal di Jombor Klaten

Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah kecelakaan di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Minggu (28/11/2021).

Gory Si Anjing Teman Sukarelawan Gunung Lawu, Unyu Deh

Kisah unik kali ini tentang Gory, si anjing yang menjadi teman sukarelawan pendakian Gunung Lawu.

Asyik... Ada Pasar Kuliner di Candi Cetho Karanganyar

Aneka kuliner tradisional dijajakan di pasar budaya Gumeng yang digelar di Puri Taman Saraswati kompleks Candi Cetho.

Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

Para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Lawu diwajibkan memakai sepatu untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Asale situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, ternyata dulunya merupakan lautan.

Legenda Balung Buto di Sangiran Sragen: Peperangan Manusia vs Raksasa

Objek wisata Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, menyimpan berbagai sejarah, salah satunya legenda balung buto.

Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

Area parkiran mewah di objek wisata WGM Wonogiri mampu menampung 200 unit mobil dan 500 unit kendaraan.

Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri yang super mewah memiliki view teras pantai yang indah.

Mewah! Parkiran WGM Wonogiri Seharga Rp10,9 Miliar, Ini Wujudnya

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri dibangun super mewah dengan anggaran Rp10,9 miliar.