Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur (PPIA) BKD Wonogiri, Wahyudi, menunjukkan pengumuman perekrutan CPNS Wonogiri 2019 di dekat Kantor BKD di kompleks Setda Wonogiri, Rabu (13/11/2019). (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menetapkan batas minimal indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai syarat perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, yakni sebesar 2,5.

Pada sisi lain, Pemkab Wonogiri memberi alokasi 61 lowongan untuk difabel, yakni lowongan formasi umum dan khusus bagi difabel.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Haryono, saat ditemui solopos.com di kantornya kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Rabu (13/11/2019), menyampaikan syarat IPK minimal ditentukan berdasar kebijakan Bupati, Joko Sutopo.

Jika batas minimal IPK ditetapkan lebih tinggi warga yang terkaver bakal lebih sedikit. Dia menjelaskan syarat batas minimal IPK itu dimungkinkan berbeda dengan ketentuan di daerah lain, karena setiap Bupati memiliki pertimbangan berbeda.

“Batas minimal IPK perekrutan CPNS tahun ini sama dengan tahun lalu. Bupati ingin memberi kesempatan yang lebih luas kepada para lulusan perguruan tinggi,” kata Haryono.

Dia melanjutkan setidaknya terdapat 61 lowongan bagi difabel dalam perekrutan CPNS tahun ini. Lowongan itu meliputi 49 lowongan formasi umum, yakni guru dan 12 formasi khusus bagi difabel.

Lowongan formasi umum yang dapat dilamar difabel, yakni guru Agama Islam ahli pratama di 39 SDN dan 10 SMPN.

Sementara, lowongan formasi khusus bagi difabel, meliputi satu guru Agama Islam ahli pratama di SDN 3 Slogohimo, dua apoteker ahli pratama, satu pengelola sistem dan jaringan, satu pamong belajar ahli pratama, satu perencana ahli pratama, dua pranata komputer ahli pratama, dan empat pranata komputer pelaksana/terampil.

Menurut Haryono jumlah lowongan formasi khusus bagi difabel sudah sesuai ketentuan pemerintah pusat, yakni 2 persen dari total lowongan. Jumlah seluruh lowongan CPNS Wonogiri kali ini sebanyak 560 lowongan.

Di tempat yang sama, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur (PPIA) BKD Wonogiri, Wahyudi, menginformasikan pendaftaran CPNS dibuka hingga 24 November mendatang.

BKD Wonogiri membuka help desk bagi pelamar yang ingin bertanya semua hal terkait CPNS, yakni layanan off line di Kantor BKD pada jam kerja, via pesan singkat di aplikasi Whatsapp (WA) 082135594044 pada jam kerja, Twitter @bkdwonogirikab, dan aplikasi Telegram @cpnswonogiri2019.

Lowongan CPNS Pemkab Wonogiri:
--542 lowongan formasi umum
--6 lowongan bagi predikat cumlaude
--12 lowongan bagi difabel

Pembagian berdasar kategori:
--241 lowongan formasi tenaga pendidik (guru SD dan SMP)
--183 lowongan formasi tenaga kesehatan (dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis)
--136 lowongan tenaga teknis (terkait keuangan, infrastruktur, perundang-undangan).

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten