Pemkab Wonogiri Siapkan Rp45 Miliar Untuk THR ASN
Ilustrasi THR (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Besaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Wonogiri pada 2020 dipastikan menurun. Hal itu disebabkan adanya pandemi Covid-19.

Penurunan itu salah satunya karena tunjangan kinerja (Tukin) tidak dimasukkan dalam bagian THR 2020. Besaran THR pada 2020 yakni satu kali gaji pokok dan tunjangan yang melekat.

Dukung Physical Distancing, Gojek Optimalkan Layanan Belanja Online di 31 Pasar se-Soloraya

Kepala Bidang Anggaran, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Wonogiri, Suwito, mengatakan, saat ini BPKD tengah mempersiapkan anggaran senilai Rp45 Miliar untuk THR ASN Wonogiri.

Hingga saat ini, menurut dia, belum mengetahui kapan THR tersebut bisa diberikan kepada ASN. Pada tahun lalu, pembayaran dilakukan sepuluh hari sebelum lebaran.

Sebut Damkar Solo Lambat Tangani Kebakaran, Pegawai Indomaret Sondakan Laweyan Minta Maaf

“Sebenarnya dana sudah disiapkan, tetapi untuk pencairan menunggu peraturan dari pemerintah pusat. Jika pemerintah pusat sudah mengeluarkan peraturan nantinya ditindaklanjuti oleh surat edaran dari Pemerintah Daerah,” kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/5/2020).

Ia mengatakan, dari total ASN di Wonogiri sebanyak 9.346 orang, tidak semuanya mendapatkan THR. Karena pada tahun ini THR hanya diperuntukkan untuk level eselon III ke bawah. Sedangkan utuk golongan eselon I, II dan pejabat lainnya tidak mendapatkan THR.

Dukung Physical Distancing, Gojek Optimalkan Layanan Belanja Online di 31 Pasar se-Soloraya

Seperti dilansir detik.com, Senin (11/5/2020), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pencairan THR bagi ASN pusat maupun daerah, TNI, Polri serta pensiuanan dilakukan pada Jumat pekan ini.

Pencairan THR tersebut menyusul peraturan pemerintah atau payung hukum THR bagi ASN yang sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Data Terkini Covid-19 Indonesia: Kasus Positif Meningkat Jadi 14.265, Pasien Meninggal 991

Jumlah dana yang dipersiapkan untuk THR senilai Rp29,38 triliun. Dana yang diperuntukan untuk ASN pusat, termasuk TNI dan Polri senilai Rp6,77 triliun, pensiunan senilai Rp8,70 triliun dan ASN daerah senilai Rp13,89 triliun.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom