SOLOPOS.COM - Ilustrasi karnaval (Moh. Khodiq Duhri /JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar karnaval bertema kebangsaan, serentak di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri pada Kamis (18/8/2022).

Kegiatan serentak yang masuk dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI dan diklaim baru kali pertama dilakukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan karnaval tersebut sebenarnya telah bertahun-tahun dilaksanakan.

Hanya, sejak pandemi Covid-19 yang berlangsung mulai 2020, kegiatan rutin itu berhenti terlaksana dalam dua tahun.

Selain itu, pelaksanaannya biasa berlangsung dalam beberapa hari.

“Sudah dari dulu, tapi tidak serentak. Pernah kami padatkan menjadi dua hari saja dan tahun ini digelar sehari, serentak di 25 kecamatan. Biar kita seperti Cikampek saat Lebaran,” ujarnya saat berbincang dengan wartawan, Selasa (9/8/2022).

Perayaan karnaval serentak itu terkonfirmasi dua pemerintah kecamatan (Pemcam), yakni Pracimantoro dan Purwantoro. Camat Pracimantoro, Warsito, menyatakan pada karnaval 18 Agustus mendatang diikuti seluruh elemen, mulai dari pendidikan terbawah hingga instansi di tingkat desa dan kecamatan.

Ia menyatakan tempat dimulainya karnaval di Kecamatan Pracimantoro dimulai dari Lapangan Pracimantoro, melewati jalan raya di depan balai desa, dan rencananya finish atau selesai di sebelah utara Polsek Pracimantoro. Total jarak yang ditempuh peserta karnaval yakni 6,5 kilometer (km).

“Nanti mulai pagi, pukul 08.00 WIB-09.00 WIB oleh rombongan PAUD, TK, dan SD. Lalu pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB diramaikan rombongan SMP, SMA, dan SMK. Setelah itu pada siang pukul 12.00 WIB sampai sore, dari Dinas, instansi, dan pemerintah desa. Udah dari dulu begitu,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (15/8/2022).

Dengan kegiatan yang berlangsung mulai pagi hingga sore, Warsito memprediksi jalanan akan macet. Namun, ia tak mempermasalahkannya.

Ia justru beranggapan bahwa pelaksanaan karnaval itu memang jalanan harus macet. “Kalau nggak macet berarti bukan karnaval,” imbuhnya.

Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, mengatakan karnaval 18 Agustus nanti bakal digelar pagi hingga sore hari. Tepatnya dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang pengumpulan pertamanya dari Lapangan Jetak di Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro.

“Nantinya dari Lapangan Jetak ke selatan lalu belok ke timur. Sampai di Terminal Bus, dilanjut ke utara terus ke barat sampai finish di Kantor Kecamatan Purwantoro. Diikuti mulai dari pelajar tingkat PAUD hingga Pemdes,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengungkap ada perbedaan jarak tempuh antara rombongan karnaval dari pelajar tingkat PAUD, TK, SD, dan pelajar tingkat SMP, SMA, serta rombongan Pemdes. Pada tingkat PAUD hingga SD, jarak yang bakal ditempuh peserta yakni 2,5 km. Sedangkan pelajar SMP hingga Pemdes total jarak tempuhnya sejauh 4,5 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya