SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pemkab Wonogiri akan menyerahkan 46 unit perahu baru untuk nelayan pantai selatan dan perairan umum. Dari jumlah itu, satu di antaranya untuk nelayan pantai selatan senilai Rp27 juta dan 45 unit lainnya untuk nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) dengan harga Rp9 juta/unit.

“Biaya untuk pengadaan perahu itu dari DAK [dana alokasi khusus] Kementerian Perikanan dan Kelautan 2012. Bantuan itu untuk membantu nelayan di perairan umum dan pantai selatan,” kata Kabid Perikanan, Heru Sutopo, mewakili Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Rully Pramono Retno, saat dihubungi Solopos.com, Senin (10/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bantuan perahu itu juga dilengkapi mesin kapal dan peralatan untuk keperluan nelayan seperti sepatu bot, pelampung dan jas hujan. Saat ini, 45 unit perahu untuk nelayan di perairan WGM dititipkan di wilayah Kecamatan Wuryantoro. Sedangkan satu unit perahu untuk nelayan pantai selatan dititipkan di kantor Kecamatan Paranggupito.

Rencananya, perahu itu akan diserahkan ke kelompok nelayan pekan ini. Saat ini, perahu tengah dicek kelayakannya oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). Dalam penyerahannya, Pemkab akan mengumpulkan nelayan dan memberi pengarahan untuk perawatan kapal.

Terpisah, Ketua Koperasi Nelayan Parang Bahari Paranggupito, Sucipto, mengatakan perahu untuk nelayan pantai selatan sudah dititipkan di kantor Kecamatan Paranggupito pada awal Desember.

“Ada satu unit perahu yang lengkap dengan mesin dan peralatan untuk nelayan. Kami tinggal menunggu penyerahannya secara resmi dari Pemkab,” katanya saat dijumpai wartawan di Ruang Data Setda Wonogiri, Senin.

Ia menyatakan pasca rusaknya tiga unit kapal yang merupakan bantuan Pemkab, nelayan di Paranggupito enggan melaut. Saat ini, hanya tiga orang nelayan yang melaut dari Pantai Sadeng di Gunung Kidul. Mereka menggunakan satu unit perahu lama yang telah diperbaiki secara swadaya.

Sedangkan nelayan tradisional di Wonogiri selatan juga menangkap losbter dengan memasang krendet di tebing pantai. Rata-rata, mereka mendapat setengah kilogram hingga satu kilogram dalam satu hari. Sedangkan harga jual lobster tersebut sekitar Rp200.000/kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya