SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, telah berlangsung Sabtu (9/2/2019). Angka partisipasi pemilih dalam ajang demokrasi itu 85%-90%, jauh di atas partisipasi pemilih di Pilgub Jatim yang berkisar 68,43%.

“Kalau dirata-rata angka partisipasinya sekitar 85%-90%. Ada yang 80%, ada yang 85%, 90%, tapi ada juga yang sampai 92% bahkan 95%. Tinggi sekali,” kata Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Trenggalek Joko Wasono di Trenggalek, Minggu (10/2/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menerangkan jumlah pemilih tetap yang terlapor dari 132 desa penyelenggara pilkades itu, kata Joko, mencapai 453.000 orang lebih.

Joko Wasono menambahkan ada desa yang jumlah pemilihnya 2.000–3.000 orang, namun ada pula desa jumlah pemilihnya mencapai 5.000–6.000 orang.

Beberapa desa bahkan memiliki jumlah penduduk “gemuk”, mencapai 8.000–10.000 orang. “Partisipasi tinggi ini karena masyarakat itu kan memilih pemimpinnya sendiri, yang langsung berdekatan setiap hari,” kata Joko.

Dijelaskan olehnya, sosialisasi dari panitia lokal maupun masing-masing calon menjadi faktor yang ikut mendongkrak angka partisipasi pemilih.

Selain juga sistem penyaluran hak pilih (coblosan) yang diatur sedemikian rupa sehingga pemilih bisa terkonsolidasi per dusun, bahkan ada yang membagi jadwal coblosan per kelompok pemilih lingkungan RT.

“Sudah diatur begitu saja pemilihnya masih berjubel. Partisipasinya tinggi sekali,” ujarnya.

Hingga saat ini, Joko mengatakan proses tahapan pilkades berjalan lancar. Tidak ada kendala meski beberapa desa harus melakukan coblosan hingga larut malam, dilanjutkan perhitungan suara sampai Minggu pagi.

Dari total 132 desa penyelenggara pilkades, Joko mengatakan semua sudah tuntas dengan hasil yang telah diterima masing-masing calon. “Sampai saat ini belum ada laporan yang bermasalah. Hasil perhitungan telah diterima dan tidak ada laporan gugatan atau sengketa (perhitungan suara),” katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya