Tutup Iklan

Pemkab Sukoharjo Tanggung Biaya Pengobatan Korban Puting Beliung

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menetapkan status siaga bencana puting beliung. Puting beliung terus menerus menerjang wilayah kabupaten ini selama beberapa hari terakhir.

Pemkab Sukoharjo Tanggung Biaya Pengobatan Korban Puting Beliung

SOLOPOS.COM - Pertugas BPBD, DLH, TNI/Polri, bersama warga kerja bakti membersihkan sisa-sisa material pascaputing beliung di Sukoharjo, Jumat (25/1/2019) pagi. (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menetapkan status siaga bencana puting beliung. Puting beliung terus menerus menerjang wilayah kabupaten ini selama beberapa hari terakhir.

Sementara itu, Pemkab juga menanggung biaya pengobatan warga yang terluka akibat terkena reruntuhan bangunan yang ambruk akibat hujan disertai angin kencang, Kamis (24/1/2019) sore.

Merujuk data, ratusan rumah rusak diterjang angin puting beliung. Puluhan pohon juga ambruk. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, dua warga dilaporkan mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya memerintah seluruh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu instansi terkait dari jajaran polisi dan tentara, serta warga untuk membantu evakuasi. Selain itu juga membersihkan lokasi pascaputing beliung.

"Kami dibantu Polri dan TNI membersihkan lokasi yang terkena puting beliung. Kami bahkan mendapatkan bantuan personel dari Korem daerah sekitar Sukoharjo. Seperti hari ini kerja bakti membersihkan sisa-sisa reruntuhan karena angin puting beliung kemarin [Kamis 24/1/2019]," katanya, Jumat (25/1/2019).

Berbagai upaya penanganan dilakukan Pemkab selain membersihkan lokasi yang porak-poranda setelah diterjang puting beliung, Pemkab juga mulai melaksanakan program pemangkasan ranting pohon. Hal ini guna mengantisipasi pohon ambruk.

Selain itu bagi korban luka akibat terkena bencana puting beliung, Pemkab menanggung seluruh biaya perawatan korban. "Ada korban luka seperti di Malangan, Kecamatan Bulu. Lukanya di bagian kepala dan sudah dirawat dan biaya ditanggung Pemkab," katanya.

Selain korban luka di Malangan, Kecamatan Bulu, satu warga di Larangan, Gayam, Kecamatan Sukoharjo, juga dilaporkan mengalami luka-luka. Korban diduga tertimpa asbes rumah dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo.

Wardoyo meminta warga mewaspadai bencana puting beliung dan banjir. Hujan deras disertai angin kencang diprediksi terjadi hingga akhir bulan ini.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan merujuk data terdapat ratusan rumah rusak baik ringan hingga berat setelah diterjang angin puting beliung yang menerjang tiga desa di Kecamatan Sukoharjo pada Kamis (24/1/2019) sore.

Secara keluruhan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Hingga Jumat, BPBD bersama TNI, Polisi dan warga masih membersihkan lokasi pasca terjangan puting beliung.

"Rata-rata rumah rusak di bagian atap. Genting-genting terbang terbawa angin. Ada juga yang kena reruntuhan pohon, dan sudah dievakuasi dan dibersihkan," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.