SOLOPOS.COM - Anak-anak bersepeda di dekat salah satu blok Rusunawa Joho, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, akhir pekan lalu. Sebagian rusunawa itu belum berpenghuni dan Pemkab membuka kesempatan warga luar Sukoharjo menghuni rusunawa tersebut. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Rusunawa Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo menganggarkan penambahan fasilitas umum di Rusunawa Joho.

Solopos.com, SUKOHARJO–Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Sukoharjo berencana menambah fasilitas umum di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Penambahan fasilitas umum diharapkan terwujud tahun ini. Dinas PKP telah mengajukan anggaran untuk pembanguan fasum tersebut, yakni fasum gedung serbaguna dan pagar keliling.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyewa rusunawa mengusulkan penambahan gedung serbaguna dan pagar keliling. Dua fasilitas umum [fasum] itu dibutuhkan oleh penyewa,” ujar Kepala Bidang Perumahan Dinas PKP Sukoharjo, Sarwidi, mewakili Kepala Dinas PKP Sukoharjo, Bambang Sutrisno, Jumat (18/8/2017).

Sarwidi mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran di APBD Perubahan 2017 namun masih menunggu persetujuan dari DPRD Sukoharjo. “Pembangunan pagar kemungkinan bisa dilakukan tahun ini tetapi gedung serbaguna dikerjakan tahun depan melalui APBD 2018. Pagar keliling dibutuhkan agar keamanan rusunawa lebih terjamin. Sedangkan gedung serbaguna nantinya menjadi wahana penyewa untuk kegiatan yang lebih besar. Para penyewa membutuhkan gedung serbaguna itu, seperti untuk hajatan pernikahan, pertemuan RT dan sebagainya,” papar dia.

Soal lahan, mantan Kabid Perumahan DPU Sukoharjo, menegaskan telah tersedia. Menurut Sarwidi, di antara blok C-D dan E-F terdapat lahan yang bisa digunakan membangun gedung. Lahan tersebut memiliki luas 15 meter kali 40 meter. Sarwidi menjelaskan Detail Engineering Design (DED) gedung serbaguna telah disiapkan. “Keberadaan gedung serbaguna akan menunjang kelengkapan penyewa di lantai II atau yang lain. Paling tidak penyewa tidak bingung jika memiliki kegiatan dengan skala massa banyak,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya