Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Bupati https://soloraya.solopos.com/read/20190825/490/1014340/gagal-ngeblong-mobil-pelat-merah-dipukul-mundur-di-perempatan-kartasura-milik-siapa" title="Gagal Ngeblong, Mobil Pelat Merah Dipukul Mundur di Perempatan Kartasura, Milik Siapa?">Sukoharjo Wardoyo Wijaya memastikan Pemkab akan menjamin keamanan mahasiswa asal Papua yang tengah menempuh pendidikan di wilayah Kabupaten Makmur.

Bupati telah meminta jajarannya untuk mendata sebaran pelajar asal Papua di Sukoharjo. Lingkungan pendidikan seperti lembaga perguruan tinggi menjadi salah satu konsentrasi para pelajar tersebut.

Di antara mereka ada yang menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Veteran (Univet) Bangun Nusantara Sukoharjo serta sejumlah pendidikan tinggi lain di wilayah https://soloraya.solopos.com/read/20190824/490/1014106/kades-meninggal-dunia-2-desa-di-sukoharjo-gelar-pilkades-antarwaktu" title="Kades Meninggal Dunia, 2 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu">Sukoharjo.

“Kami tetap menjamin agar para mahasiswa asal Papua ini tetap mendapatkan hak mereka dalam belajar,” kata Wardoyo, Jumat (23/8/2019).

Sejauh ini, Bupati mengatakan kondisi https://soloraya.solopos.com/read/20190823/490/1014043/aborsi-sepasang-kekasih-di-sukoharjo-beli-obat-rp3-juta-secara-online" title="Aborsi, Sepasang Kekasih di Sukoharjo Beli Obat Rp3 Juta Secara Online">Sukoharjo aman dan kondusif meskipun aksi protes mahasiswa asal Papua terjadi di sejumlah daerah sebagai reaksi peristiwa di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Bupati mengimbau mahasiswa asal Papua di Sukoharjo tidak terprovokasi aksi protes di sejumlah daerah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menjamin keamanan para mahasiswa tersebut.

Sementara itu Kapolsek Kartasura AKP Sarwoko menyampaikan mulai mendata sebaran mahasiswa pendatang dari luar daerah di wilayah Kartasura termasuk asal Papua. Saat ini, mahasiswa yang terdata sebanyak 27 orang belajar di UMS dan 19 orang taruna di Akademi Pelayaran Nasional (APN).

Kepolisian menjamin keamanan para mahasiswa agar tetap belajar dengan nyaman tanpa gangguan. Hal ini juga berlaku untuk semua mahasiswa maupun pelajar di Sukoharjo. “Antisipasi saja agar para pelajar tidak terpengaruh kejadian di Jawa Timur dan Papua,” ungkapnya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten