SOLOPOS.COM - Nama Bayanan Hot Spring Water terpampang di tengah taman yang bersih dengan sejumlah permainan anak di objek wisata Bayanan, Sambirejo, Sragen, Rabu (12/1/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Menjelang liburan panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen menggiatkan promosi pariwisata. Tujuannya untuk mendongkrak kunjungan wisata di enam objek wisata unggulan milik Pemkab Sragen.

Sejumlah objek wisata tersebut sebagian sudah selesai direhab dengan desain yang instagramable, terutama bagi kaum milenial. Objek wisata itu di antaranya Pemandian Air Panas Bayanan di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo dan Kolam Renang Kartika di Jl. Veteran, Kroyo, Kecamatan Karangmalang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Akses menunju ke objek wisata itu pun mudah dan baik jalannya. Harga tiketnya pun murah meriah sehingga pas bagi liburan keluarga.

Kepala Disparpora Sragen, Yuniarti, mengatakan Pemandian Air Panas Bayanan menawarkan lanskap baru dan nyaman untuk wisata keluarga disertai spot selfie yang instragramable. Dia berharap para pengunjung lebih antusias datang ke Bayanan karena memiliki daya tarik yang berbeda.

“Selain Bayanan, kami menawarkan objek wisata yang baru diresmikan Bupati pada 2022 yakni Museum Sangiran di klaster Ngebung dan Bukuran. Bicara Sangiran bukan hanya di Krikilan, tetapi juga ada di Ngebung dan Bukuran dengan data tarik koleksi peninggalan purbakala yang menarik dan harga tiket yang terjangku,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: CFD Sragen di Natal dan Tahun Baru Ditiadakan, PKL Tak Hepi

Selain dua museum tadi,  juga ada Kolam Renang Kartika Sragen yang baru selesai direnovasi. Sekarang, kolam renang itu dilengkapi plasa kuliner yang nyaman dengan penataan lanskap yang rapi dan menarik.

“Nanti tahun depan, wahana waterboom akan diganti dengan yang baru. Fasilitasnya lengkap dan bersih. Ke depan kami mendorong Kolam Renang Kartika menjadi sentra kuliner Sragen yang buka dari pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB. Untuk sementara masih buka pagi karena pertimbangan keamanan. Tiketnya pun murah hanya Rp4.000 per orang untuk hari biasa,” jelasnya.

Di Kolam Renang Kartika ada 10 gazebo kuliner yang masih dilelangkan kepada pihak ketiga. Lima gazebo di antaranya sudah laku dengan pagu lelang Rp15 juta/unit/tahun. sementara lelang lima gazebo lainnya pagunya Rp12,5 juta/unit/tahun.

Selain objek-objek wisata itu, Yuniarti juga mempromosikan Gunung Kemukus atau New Kemukus sebagai wisata religi dan keluarga. Ua mengakui perlu ada event rutin untuk menarik pengunjung ke New Kemukus.

Baca Juga: Jelang Nataru Harga Daging Ayam dan Beras di Karanganyar Terkerek Naik

Terpisah, Supervisor Marketing nDayu Park Sragen, Krestiyanto Dwinugroho, mengungkapkan tidak ada event khusus untuk Natal. Adanya saat Tahun Baru, yakni nDayu Fiesta 2023. Event tersebut menyajikan pertunjukan kesenian tradisional seperti reog ponorogo, barongsai Tri Pusaka, Orkes Melayu Balisa, dan Orkes Melayu Zelinda dengan tiket masuk Rp15.000 per orang.

“Untuk kunjungan hari biasa tiketnya tetap Rp5.000 per orang tetapi masuk ke wahana lainnya ada tiket tersendiri,” katanya.

Berikut Daftar Tiket Objek Wisata di Sragen Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

1. Objek Wisata Bayanan, Sambirejo, Sragen

Hari biasa                           : Rp5.000 per orang

Hari libur                            : Rp6.000 per orang

2. New Kemukus (Gunung Kemukus) Pendem, Sumberlawang, Sragen

Hari biasa                           : Rp5.000 per orang

Hari libur                            : Rp6.000 per orang

Jumat Pon                          : Rp10.000 per orang

Jumat Kliwon                   : Rp10.000 per orang

3. Museum Sangiran Klater Krikilan, Kalijambe, Sragen

Tiket domestik                : Rp8.000 per orang

Tiket asing                         : Rp15.000 per orang

4. Museum Sangiran Klaster Bukuran, Kalijambe, Sragen

Tiket domestik                : Rp8.000 per orang

5. Museum Sangiran Klaster Ngebung, Kalijambe, Sragen

Tiket domestik                : Rp8.000 per orang



6. Kolam Renang Kartika, Sragen

Hari biasa                           : Rp4.000 per orang

Hari libur                            : Rp5.000 per orang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya