SOLOPOS.COM - Penghargaan Adipura (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Pemkab Sragen pada tahun ini berhasil meraih penghargaan Adipura.

Solopos.com, SRAGEN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen akan memboyong penghargaan Adipura untuk ke sekian kalinya pada Jumat (22/7/2016) besok. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sendiri yang bakal menerima langsung penghargaan bergengsi itu di Riau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ya, saya dapat kabar kepastian Sragen mendapat penghargaan Adipura. Saya sendiri yang akan menerimanya pada Jumat besok di Riau. Ini sebuah prestasi. Sebelumnya, saya presentasi di Jakarta tentang sarana penunjang dan komitmen terhadap lingkungan hidup,” kata Bupati saat ditemui Solopos.com, Senin (18/7/2016) lalu.

Yuni, sapaan akrab Bupati, menyampaikan pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanggan, Gesi yang sudah memenuhi persyaratan lingkungan hidup dan partisipasi publik dalam menjaga lingkungan hidup, salah satunya bersih-bersih Sungai Garuda menjadi materi presentasi Yuni di hadapan tim penilai Adipura. Di samping itu, Yuni juga berkomitmen mengurangi lahan tidur dan lahan kritis dengan target tertentu selama lima tahun ke depan.

“Perolehan Adipura ini memiliki dampak positif terhadap kepedulian lingkungan dan mendukung pengolahan energi alternatif. Potensi sampah di Sragen akan disetorkan ke Solo untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik. Volume sampah kami belum memadai untuk mengolah sendiri,” tambah dia.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sragen, Tasripin, saat ditemui Solopos.com, Selasa (19/7/2016), menyampaikan penghargaan Adipura itu pada dasarnya merupakan hasil kerja masyarakat Sragen. Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sragen yang ikut berpartisipasi menjaga lingkungan hidup bersama pemerintah. Selain komitmen masyarakat, Tasripin juga mengapresiasi komitmen Bupati Sragen yang peduli lingkungan.

“Saat tahapan awal, Bupati sendiri yang presentasi di Jakarta. Bupati harus membuat satu komitmen yang harus disikapi oleh lingkungan. Jadi dalam penilaiannya ada persentase-persentase tertentu. Ya, Adipura itu akan diterima Bupati pada Jumat besok di Riau,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya