SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

Pemkab Sleman berencana melakukan pengadaan seragam

Harianjogja.com, SLEMAN — Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemkab Sleman melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja menganggarkan pengadaan pakaian dinas lapangan (PDL) untuk seluruh petugas Linmas. Total anggarakan yang disediakan sebesar Rp2,8 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satpol PP Sleman Hery Sutopo pengadaan seragam khusus untuk Linmas tersebut bertujuan agar ada identitas khusus bagi petugas Linmas.Menurut rencana, jika tidak ada masalah PDL untuk Linmas tersebut akan didistribusikan tahun ini.

PDL tersebut akan diberikan kepada 6.280 personel Linmas di seluruh Sleman. Jika anggaran pagu pengadaan PDL tersebut Rp2,8 miliar maka untuk anggaran satu buah PDL sekitar Rp450.000 per unit.

Selama ini, katanya, setiap ada kegiatan yang bersifat resmi dan kelembagaan, petugas Linmas hanya mengenakan baju batik biasa.

“Tidak ada seragam khusus yang diberikan. Ini sudah berlangsung bertahun-tahun,” katanya saat ditemui Harianjogja.com, Jumat (11/8/2017).

Dia mencontohkan saat digelar pemilihan umum (Pemilu) 2014 lalu ataupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman petugas Linmas hanya mengenakan baju batik. Padahal seharusnya, petugas Linmas harus memiliki identitas khusus agar mudah dikenali.

“Kalau mereka memiliki seragam khusus, mereka akan lebih percaya diri sesuai tugasnya,” katanya.

Menurut dia, nilai anggaran pengadaan pakaian dinas lapangan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada. Mulai baju, celana, topi, sepatu PDL, ikat pinggang dan pentungan.Saat ini, proses pengadaan PDL tersebut masuk tahap pelelangan.

“Seragam tersebut sesuai standar nasional. Sudah ada aturannya harus dilengkapi sejumlah atribut,” katanya.

Tertunda
Hery menjelaskan pengadaan PDL untuk Linmas tersebut sebenarnya tertunda berkali-kali. Berdasarkan penelusuran Harianjogja.com, pengadaan PDL tersebut sempat dianggarkan pada 2013 lalu. Namun dengan beberapa alasan, pengadaan ditunda. Pada tahun 2014 pengadaan PDL Linmas kembali diusulkan tetapi baru 2017 ini usulan Pemkab disetujui.

Selain pengadaan  PDL untuk Linmas, Pemkab juga melelang pengadaan pakaian dinas beserta atribut untuk Sekretaris Dewan. Nilai pagu anggaran untuk lelang tersebut sebesar Rp297,5 juta untuk 50 orang anggota DPRD Sleman. Saat ini sudah masuk tahapan lelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya