Pemkab Sleman akan Bangun Instalasi Generator Oksigen Senilai Rp1,9 Miliar

Untuk mencukupi kebutuhan 10.000 ton oksigen per hari, Pemkab Sleman akan membeli generator oksigen senilai Rp1,9 miliar.

 Ilustrasi mengonsumsi oksigen. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengonsumsi oksigen. (Freepik.com)

Solopos.com, SLEMAN — Untuk mengatasi kelangkaan oksigen, Pemkab Sleman akan membangun instalasi generator oksigen di RS Darurat Covid-19 Respati. Dana yang disiapkan untuk pembelian generator oksigen Rp1,9 miliar.

“Jika sudah dioperasionalkan, mesin ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan oksigen di 27 rumah sakit di Sleman,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo, Senin (26/7/2021).

Joko menyebut, kapasitas produksi generator oksigen ini bisa mencapai 60 tabung berukuran besar per hari. Meski produksinya masih jauh dari kebutuhan oksigen saat ini sekitar 10.000 ton per hari, namun produksi oksigen sendiri dinilai akan membantu penyediaan oksigen.

Baca Juga: Ada Kebakaran di Lereng Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

“Rencana operasionalnya pertengahan Agustus. Saat ini masih tahap pengadaan. Dananya menggunakan BTT (bantuan tak terduga). Pengadaan pertengahan Juli dalam waktu sebulan harus selesai,” kata Joko.

Menurut Joko, kebutuhan 10.000 ton oksigen di Sleman tersebut penghitungannya untuk 27 rumah sakit rujukan Covid-19. Baik yang likuid maupun yang tabung. “Beberapa rumah sakit memiliki oksigen sentral yang likuid itu relatif stabil. Yang belum stabil yang oksigen tabung,” katanya.

Distribusi oksigen di DIY saat ini, kata Joko, ditangani oleh satgas oksigen provinsi. Mereka bertugas mencari dan memenuhi kebutuhan oksigen RS. Masing-masing direksi RS, kata Joko, tinggal berkomunikasi dengan Satgas untuk pendistribusian oksigen.

Baca Juga: Pemerintah Kota Jogja Minta PKL Tahan Diri, Ada Apa Ya?

“Kalau ada yang membutuhkan, RS akan disuplai oksigen. Bisa juga dipasok dari rumah sakit yang stoknya masih banyak. Untuk sementara kebutuhan oksigen terkendali meskipun sampai tiga hari ke depan,” katanya.

Oksigen Selter

Menurut Joko, sebagian selter di kalurahan sudah memiliki oksigen menggunakan Dana Alokasi Desa. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus pasien Covid-19 yang membutuhkan. Beberapa kalurahan yang sudah memiliki tabung oksigen seperti Margomulyo, Margoagung, Tamanmartani, Tirtomartani dan lainnya.

“Kami harapkan masing-masing kalurahan memiliki tabung oksigen sendiri. Ini untuk memenuhi kebutuhan oksigen di selter,” katanya.

Selain Pemkab Sleman, Pemda DIY juga berupaya membangun instalasi generator oksigen untuk mengatasi krisis oksigen di DIY. Hal ini dilakukan agar pasokan oksigen di DIY tidak tergantung dengan pasokan dari luar daerah.

Baca Juga: Dishub Kota Jogja Belum Buka Penyekatan Jalan, Ini Alasannya

Ketua Satgas Oksigen Pemda DIY Tri Saktiyana mengatakan generator oksigen yang akan dibangun berkapasitas 400 tabung dalam sehari. Oksigen yang akan dibangun ini diutamakan untuk berbagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY.

“Dibutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk penyelesaian dan pengoperasian generator ini. Kalau sudah beroperasi, diharapkan rumah sakit tidak kesulitan mencari pasokan oksigen,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.