Pemkab Ponorogo Akan Rapid Test Lagi 53 Santri Temboro
Peta persebaran Covid-19 di Ponorogo per Kamis (7/5/2020). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Sebanyak 53 santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan, yang pulang ke Ponorogo, Jawa Timur, akan kembali dites cepat atau rapid test. Ini untuk memastikan apakah mereka positif Covid-19 atau tidak.

Para santri tersebut saat ini menjalani karantina di balai desa masing-masing.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan sebanyak 53 santri Temboro ini merupakan bagian dari 56 orang santri Temboro yang pulang ke Ponorogo. Dari 56 santri tersebut, tiga di antaranya dinyatakan positif melalui uji swab.

Olahan Cumi Bumbu Kecombrang Jadi Santapan Lezat Berbuka Puasa

“Untuk 53 santri ini sudah menjalani rapid test satu kali dan diisolasi di balai desanya masing-masing. Nah, mereka ini akan segera melakukan rapid test kedua. Kalau dinyatakan negatif, berarti mereka lulus isolasi dan dinyatakan negatif Covid-19,” kata dia yang dikutip dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Jumat (8/5/2020).

Ipong memerinci dari 53 santri tersebut sudah ada 16 orang yang menjalani rapid test kedua dan telah menjalani isolasi selama 14 hari. Hasilnya, 15 orang non-reaktif dan satu orang reaktif.

Untuk satu santri yang hasil rapid test-nya reaktif langsung dilakukan uji swab. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil uji swab tersebut.

Dari Jakarta Mau ke Madura, 2 Bus Bawa Pemudik Ini Disuruh Balik Saat Sampai Gresik

Mengenai waktu rapid test kedua, para santri akan menjalani tes ini secara bertahap berdasarkan selesainya masa isolasi selama 14 hari. Harapannya hasil rapid test non-reaktif semua.

Tak Ada Lagi Gelombang Kedatangan Santri

Lebih lanjut, Ipong menyampaikan sejak sepekan lalu sudah tidak ada gelombang kedatangan santri Temboro ke Ponorogo. Harapannya pondok pesantren yang ada di Kabupaten Magetan itu di-lockdown supaya tidak ada santri yang keluar maupun masuk sampai wabah ini selesai.

Sebelumnya, Bupati Ipong telah mengusulkan kepada Bupati Magetan Suprawoto dan pimpinan Ponpes Temboro untuk sementara menutup kawasan Pondok Temboro.

Update Covid-19 Madiun! Ada Tambahan Satu Pasien Positif Corona dari Klaster Temboro

Untuk kondisi tiga pasien positif Covid-19 dari klaster Temboro saat ini kondisinya sehat. Ketiganya masih menjalani isolasi di RSUD dr. Harjono Ponorogo.

Data persebaran kasus Covid-19 di Ponorogo per 7 Mei 2020 pukul 20.27 WIB, sebanyak 17.645 orang dalam risiko (ODR), 126 orang tanpa gejala (OTG), 407 orang dalam pemantauan (ODP), 34 pasien dalam pengawasan (PDP), dan positif 12 orang dengan empat orang sembuh.

Sumber: madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom