SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PATI — Pemerintah Kabupaten Pati menyatakan kesiapan membiayai pengobatan bagi pelaku penyerangan anggota Polsek Tlogowungu, Pati, Jateng yang diduga mengalami gangguan jiwa. Pengobatan itu akan dilakukan rumah sakit jiwa (RSJ).

“Setelah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo Pati, akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Daerah [RSJD] Amino Gondohutomo Semarang,” ujar Bupati Pati Haryanto yang ditemui wartawan seusai mengunjungi Mapolsek Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selasa (27/8/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengungkapkan biaya pengobatannya akan diupayakan menggunakan jaminan kesehatan nasional (JKN), namun jika waktunya terbatas akan menggunakan anggaran APBD. Apalagi, kata dia, anggaran untuk itu memang disediakan, khususnya untuk warga yang tidak tertampung di program JKN penerima bantuan iuran.

Menurut dia tidak ada permasalahan terkait biaya pengobatannya karena nantinya akan dikirim ke RSJD Amino. “Setidaknya, ketika menjalani pengobatan tidak terjadi lagi kasus serupa seperti yang terjadi hari ini [Selasa, 27/8/2019],” ujarnya.

Terkait upaya pencegahan terhadap warga yang mengalami gangguan jiwa, kata dia, upaya pencegahan tentunya dari pihak keamanan. Pemkab Pati sendiri sudah membuat surat edaran kepada masing-masing kepala desa agar melaksanakan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Muhammad Purwadi, 35, warga Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa pukul 09.30 WIB datang ke Mapolsek Tlogowungu untuk mendapatkan pelayanan dari kepolisian terkait kehilangan KTP. Namun, ketika diminta menunggu justru pelaku menyerang anggota polisi dengan bendo atau golok yang disembunyikan di dalam bajunya.

Setelah berhasil dilumpuhkan, pelaku diketahui mengalami gangguan jiwa dan tercatat beberapa kali melakukan upaya penyerangan serupa terhadap warga, kepala desa, serta warga lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya