Tutup Iklan
Pantai Modangan yang indah dan asri di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang./ (Bisnis/Choirul Anam)

Solopos.com, MALANGhttps://madiun.solopos.com/read/20181020/516/947148/umk-kabupaten-malang-2019-diprediksi-rp2781564">Pemkab Malang mengundang investor untuk membangun fasilitas penunjang di Pantai Modangan, Desa Sumberoto, Kec. Donomulyo.

Bupati Malang, M. Sanusi, mengatakan Pantai Modangan dan Bukit Waung memiliki modal untuk jadi destinasi wisata kelas dunia. Lokasi ini pernah menjadi venue kejuaraan paralayang tingkat internasional.

“Kami akan menggandeng perguruan tinggi, swasta, maupun pemerintah, Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat, untuk mengembangkan kawasan pantai tersebut sebagai destinasi wisata paralayang dunia,” katanya di Malang, Selasa (20/8/2019), seperti dikutip bisnis.com.

Tahap awal, perlu disusun desain pembangunan Pantai Modangan. Yang jelas, infrastruktur dasar seperti akses yang memadai dan sarana air bersih perlu segera dibangun.

Jalan menuju pantai Modangan setidaknya memiliki lebar 20 meter sehingga wisatawan mudah dan nyaman berkendara menuju destinasi wisata. Ketersediaan air bersih yang mencukupi diperlukan agar kawasan tersebut lebih mudah berkembang.

Dengan akses yang baik dan ketersediaan air bersih, diharapkan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi membangun amenity, seperti hotel dan restoran.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, mengatakan akses menuju Pantai Modangan sebenarnya bisa memanfaatkan jalan tol. Pemerintah sudah setuju trace tol Pandaan-Malang dilanjutkan hingga Kepanjang-Jalur Lingkar Selatan (JLS). Nantinya, trace JLS melewati Pantai Modangan .

Sanusi juga menegaskan penyediaan akses dari Kepanjen-Pantai Modangan rencananya menjadi tanggung jawab Pemprov Jatim.

Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupatn Malang, Syamsul Hadi, segera melakukan survei mencari titik potensial air dalam jumlah besar.

Wakil Sekjen DPP Real Estate Indonesia (REI), Tri Wedianto, menambahkan yang perlu dilakukan pemkab saat ini adalah mengenalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Malang, terutama Pantai Modangan, kepada khalayak luas.

Malang yang selama ini dikenal dengan 1.000 pantai, coban, dan kekayaan alam lainnya, namun belum banyak diketahui oleh para investor dari luar daerah. Karena itulah, Pemkab Malang menggelar agenda temu investor.

Bukit Waung dan Modangan, kata dia, memiliki potensi bagus untuk jadi destinasi wisata. Namun jarak tempuhnya yang jauh, sehingga perlu disediakan resor agar wisatawan betah berlama-lama di sana.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten