Pemkab Magetan Bangun Rumah Mungil untuk Mbah Sadikun
Warga menyaksikan pekerja meratakan rumah Mbah Sadikun di RT 005/RW 002, Desa Sempol, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Sabtu (26/1/2019). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Madiunpos.com, MAGETAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan akan membangun kembali rumah Sadikun di RT 005/RW 002, Desa Sempol, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, dengan konsep sederhana namun sehat. Dibutuhkan sekitar Rp100 juta untuk membangun rumah tersebut.

Sadikun merupakan seorang kakek-kakek berusia 87 tahun yang tinggal seorang diri di rumah reyot. Kisahnya terkuak setelah viral di media sosial dan diberitakan oleh sejumlah media massa.

Rumah yang selama puluhan tahun dihuni Sadikun kini sudah diratakan dengan tanah. Pemkab Magetan kemudian membangun rumah impian kakek itu.

Plt. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Magetan, Muhtar Wahid, mengatakan rumah untuk Sadikun dibangun seluas 4,5 meter X 7,25 meter dengan satu kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

"Ini memang dibuat kecil dan satu kamar. Karena memang ini kan dihuni Mbah Sadikun saja. Ini rumahnya kami buat tembok permanen," ujar dia kepada Madiunpos.com, Sabtu (26/1/2019).

Rumah tersebut akan mengarah ke jalan raya. Ini sesuai dengan permintaan Sadikun yang menginginkan rumahnya terlihat dari jalan raya. Sehingga Sadikun bisa melihat keramaian di jalan tersebut.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah ini membutuhkan sekitar Rp100 juta. Namun, karena nanti pengerjaan rumah sebagian menggunakan bahan bangunan lama dan tenaga kerja dibantu sukarelawan, biaya yang dibutuhkan tidak sebanyak itu.

Diperkirakan pembangunan rumah Sadikun membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Untuk aksea jalan menuju rumah tersebut juga akan dibangun jembatan di depan rumah. Selama rumah dibangun, Sadikun menumpang di rumah tetangga.

"Untuk kebutuhan air, akan disalurkan ke PDAM. Namun, kalau pipa PDAM belum masuk akan dibuatkan sumur dalam. Kedalamannya cuma 10 meter di sini sudah bisa keluar air," ujar dia.

Bupati Magetan, Suprawoto, mengatakan Pemkab Magetan akan membangun rumah untuk Sadikun. Ia mengucapkan terima kasih kepada awak wartawan yang telah memberitakan kondisi Sadikun hingga terdengar oleh Pemkab Magetan. Sadikun akan dibuatkan rumah yang layak huni. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho