Pemkab Madiun Tutup Tempat Wisata dan Hiburan untuk Cegah Corona
Ahmad Dawami, Bupati Madiun, Kamis (17/10/2019). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Selain meliburkan sekolah dan pondok pesantren, Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, juga menutup seluruh kawasan wisata alam dan religi serta tempat hiburan. Hal ini supaya tempat-tempat tersebut tidak menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat.

Ini menjadi salah satu upaya Pemkab Madiun dalam menangani pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Madiun.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengatakan untuk memutus rantai penyebaran virus corona memang perlu dilakukan penutupan seluruh tempat wisata dan tempat hiburan. Dengan penutupan tempat wisata ini untuk meminimalisasi pertemuan tatap muka masyarakat.

Warga Jatim Tidak Perlu Panic Buying, Stok Bahan Pokok Aman Sampai Juni

"Untuk sementara waktu menutup tempat wisata baik tempat wisata alam, buatan, maupun wisata religi. Selain itu juga menutup tempat hiburan," kata Kaji Mbing, Selasa (17/3/2020).

Pada penanganan bencana non-alam ini difokuskan pada kepastian kesehatan masyarakat. Beragam kebijakan telah diputuskan untuk mengurangi risiko terjangkit virus mematikan ini.

Bupati juga mewajibkan kepada seluruh toko modern di Kota Madiun utnuk menyediakan sarana cuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan pengunjung yang datang ke toko modern.

Diminta Belajar Di Rumah, Sejumlah Pelajar Madiun Kedapatan Nongkrong di Warung

Pasar tradisional juga diharapkan bisa menyiapkan fasilitas cuci tangan itu. Harapannya, masyarakat bisa menjaga diri dengan berperilaku hidup sehat.

"Kalau ada karyawan di perusahaan yang terindikasi corona. Harap segera melapor ke petugas yang telah dibentuk," kata dia.

Bupati meminta seluruh masyarakat supaya bisa berperilaku hidup sehat dan bersih. Seperti rajin mencuci tangan, membatasi sentuhan dengan benda-benda di sekitarnya, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho