SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Mendekati Ramadan 1440 Hijriah, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Jawa Timur, kian intensif memantau harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di lima pasar tradisional wilayah setempat.

Hal itu demi untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga.”Pemantauan harga bahan pokok ini tugas rutin kami, namun semakin diintensifkan menjelang bulan Ramadan,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Agus Sujudi, kepada wartawan di Madiun, Jumat (26/4/2019).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia menjelaskan ada lima sampel pasar tradisional yang diamati, yakni Pasar Mlilir, Pagotan, Dolopo, Sambirejo, dan Pasar Caruban Baru.

Agus Sujudi menambahkan sesuai hasil pantauan terdapat beberapa komoditas yang mengalami lonjakan harga signifikan. Namun demikian, secara umum pasokan dan stabilitas harga bahan pokok di Kabupaten Madiun masih cukup aman.

“Secara umum, harga bahan pokok dan stoknya masih stabil. Memang ada kenaikan harga untuk komoditas bawang merah dan bawang putih,” kata dia.

Dia mencontohkan harga beras premium stabil sebesar Rp11.000 per kilogram hingga Rp12.800 per kilogram dan harga beras medium Rp8.250 per kilogram hingga Rp9.000 per kilogram.

Sementara harga daging sapi juga stabil di angka Rp110.000 per kilogram, gula pasir di kisaran Rp10.500 hingga Rp11.0000 per kilogram, minyak goreng kemasan kisaran Rp11.000 hingga Rp12.000 per liter.

Kenaikan harga cukup tinggi terpantau untuk komoditas bawang merah, bawang putih, dan telur ayam ras. Di menerangkan bawang merah saat ini telah mencapai Rp40.000 dari sebelumnya di kisaran Rp20.000-an per kilogram.

Sedangkan bawang putih mencapai Rp45.000 per kilogram dari sebelumnya di kisaran Rp15.000 hingga Rp20.000-an. Untuk telur ayam ras, naik dari Rp21.000 per kiloram menjadi Rp23.000 per kilogram.

Agus Suyudi memastikan stok bahan pangan di Kabupaten Madiun akan aman sehingga tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan saat Ramadan dan Lebaran mendatang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya