Bupati Madiun Ahmad Dawami meletakkan batu pertama pembangunan TGP di SMPN 2 Saradan, Jl. Bagio Saparno, Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Selasa (8/10/2019). (Istimewa-Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Pemerintah Kabupaten Madiun akan membangun Tugu Genie Pelajar (TGP) di SMPN 2 Saradan, Jl. Bagio Saparno, Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Tugu ini untuk menunjukkan perjuangan para pahlawan di Kabupaten Madiun. Pembangunan TGP ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Madiun, Ahmad Dawami, Selasa (8/10/2019).

Ahmad Dawami atau yang akrab disapa Kaji Mbing mengatakan tugu tersebut dibangun di SMPN 2 Saradan karena dahulunya tempat tersebut menjadi lokasi peperangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Pembangunan tugu ini juga menjadi tanda bahwa Kabupaten Madiun merupakan kota pahlawan.

"Lokasi yang bertempat di SMPN 2 Saradan atau SMP TGP ini lokasinya sangat cocok yaitu di pintu masuk Kota Caruban sehingga pas kalau di sini dibangun tugu TPG," ujarnya.

Bupati menuturkan pembangunan tugu TGP ini baru pertama kali dilakukan. Ia berharap pembangunan tugu serupa bisa dilakukan di desa yang memiliki sejarah sebagai tempat perjuangan para pahlawan.

Lebih lanjut, tugu TGP ini menjadi milik seluruh masyarakat di Kabupaten Madiun. Tugu ini bukan hanya milik pemkab, SMPN 2 Saradan, dan anggota TGP.

Kaji Mbing memaknai TGP ini sebagai simbol awal mula menularkan semangat perjuangan kepada masyarakat Kabupaten Madiun.  "Artinya tidak boleh hilang dan TGP ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua. Dan apabila tugu ini sudah jadi, seluruh siswa di Kabupaten Madiun tahu bahwa di tempat ini ada perjuangan pahlawan kita," kata Kaji Mbing.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten