SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Pemkab Kulonprogo berencana memperbaiki rumah ibadah.

Harianjogja.com, KULONPROGO –– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo berencana merenovasi Masjid Agung Wates yang dibangun sejak 1990 lalu. Total dana yang dibutuhkan diperkirakan bisa mencapai Rp10 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut disampaikan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dalam syawalan calon jamaah haji (calhaj) asal Kulonprogo di Masjid Agung Wates, Jumat (15/7/2016). Dia mengatakan, realisasi renovasi Masjid Agung Wates sudah dimulai tahun ini dengan anggaran sebesar Rp600 juta. Dana tersebut dipakai untuk penyusunan detail engineering design (DED).

Hasto mengungkapkan pembangunan fisik selanjutnya dilakukan secara bertahap mulai 2017 nanti. Dia berharap, Masjid Agung Wates bisa menjadi lebih megah, indah, dan kokoh. “Jika disetujui DPRD, anggaran yang diusulkan untuk renovasi kira-kira sebesar Rp5 miliar sampai Rp10 miliar,” kata Hasto.

Sementara itu, jumlah calhaj asal Kulonprogo tahun 2016 tercatat sebanyak 220 orang. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kulonprogo, Edhi Gunawan berharap setiap calhaj selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebelum pemberangkatan. Calhaj diminta membiasakan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olah raga teratur. Menurutnya, daya tahan tubuh harus dipersiapkan karena iklim di tanah suci sangat berbeda dengan Indonesia sehingga para calhaj cenderung akan rentan sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya