SOLOPOS.COM - Belasan warga terdampak pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) mengikuti pelatihan office tool di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo, Jumat (4/3/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Sejumlah pelatihan kerja dan keterampilan, sudah seringkali digelar Pemkab Kulonprogo dengan menggandeng pihak lain

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan selalu mendampingi warganya terutama masyarakat yang terdampak pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asisten II Setda Kulonprogo Triyono mengatakan, Pemkab Kulonprogo tak akan lepas tangan terhadap perekonomian warga paska relokasi. Langkah pendampingan dan pembinaan terhadap warga terdampak NYIA, terus dilakukan.

Sejumlah pelatihan kerja dan keterampilan, sudah seringkali digelar Pemkab Kulonprogo dengan menggandeng pihak lain. Misalnya saja melalui fasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Balai Latihan Kerja (BLK), serta melalui program-program corporate social responsibility (CSR) pemrakarsa pembangunan bandara dari PT Angkasa Pura I dan institusi lain.

Baca juga : Usaha Kuliner Paling Diminati Warga Terdampak Bandara Kulonprogo

Bidang pelatihan yang diberikan terutama untuk menyiapkan warga memiliki bekal keterampilan usaha produktif. Diharapkan, bekal pelatihan bisa menunjang kemampuan ekonomi keluargan.

BLK Kulonprogo, misalnya, membuka paket-paket pelatihan gratis yang bisa diakses masyarakat. Pelatihan itu misalnya, paket pelatihan pengelasan, perbengkelan, tata boga, komputer, desain grafis, dan jenis pelatihan lainnya.

“Pemkab Kulonprogo juga sedang getol menjalin sinergi kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait operasional bandara. Terutama untuk penyiapan sumber daya manusia [SDM] yang akan diterjunkan ke lingkup bidang pekerjaan, di dalam bandara maupun sektor pendukung,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya