SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. (JIBI/Harian Jogja/Dok. Humas Kabupaten Kulonprogo)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo rencanakan sejumlah program untuk peningkatan dan kemajuan Kota Wates. Di antaranya mengoptimalkan program yang telah berjalan serta pembaruan dalam program e-government.

Hal ini disampaikan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dalam acara syukuran atas penerimaan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha 2014, Selasa (13/5/2014) di Gedung Kaca. “Kami berharap bisa mengoptimalkan inovasi-inovasi yang saat ini belum berjalan baik, seperti program kunjungan wali kelas pada siswa miskin ataupun program sister city,” ujar Hasto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasto mengatakan penghargaan ini  tak semata-mata sebagai sebuah kebanggaan. Tetapi juga merupakan upaya untuk  meningkatkan kinerja supaya jauh lebih baik. Apalagi Kulonprogo  menjadi salah satu dari dua kabupaten di DIY yang mendapatkan penghargaan ini sejak tahun 2008.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh tim  Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) ternyata ada nilai tambahan yang mendongkrak. Diantaranya inovasi dalam pelayanan, sehingga ke depannya pihaknya akan terus melakukan inovasi layanan di setiap program yang ada. Inovasi yang dilakukan  ini merupakan sebuah karya, bukan sekedar hasil bekerja.

“Sehingga banyak menghasilkan karya baru atau inovasi seperti senam angguk, layanan rumah sakit tanpa kelas, batik gebleg renteng, air minum dalam kemasan AirKu dan sebagainya,” imbuh Hasto.

Hasto memaparkan salah satu inovasi yang belum dioptimalkan adalah program sister city. Menurutnya, program  ini penting untuk dilakukan. Agar nantinya dapat menjadi inovasi untuk membangun kota Wates.

“Misalnya zero residue garbage yang dilakukan dengan pemilahan sampah di tempat pembuangan akhir,” ujar Hasto.

Ke depannya, pemerintah kabupaten Kulonprogo juga akan melakukan pembaharuan dalam bidang e-government agar bisa memudahkan layanan pada masyarakat, diantaranya seperti e-PBB. Pembayaran PBB dengan sistem pulsa yang bekerja sama dengan provider seluler.

“Sedang dalam bidang pemberdayaan dan gotong royong akan mewujudkan PNS sebagai bapak asuh yang menunjukkan kepedulian sosial terhadap warga miskin di Kulonprogo,” jelas Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya