SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus mengusulkan normalisasi 10 sungai di wilayah setempat kepada perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serang Lusi Juana. Normalisasi itu dianggap perlu guna mencegah banjir sebagaimana sering kali melanda sejumlah lokasi di daerah itu.

Usulan tersebut disampaikan Bupati Kudus Muhammad Tamzil saat rapat koordinasi dengan perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serang Lusi Juana di Ruang Command Center Kudus, Jawa Tengah, Kamis (21/2/2019). Menurut Tamzil, normalisasi sungai itu bakal menjadi kunci penyelesaian masalah di Kabupaten Kudus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berganti bupati berulang kali sekali pun tidak akan menyelesaikan masalah banjir sepanjang belum ada normalisasi sungai,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengakui normalisasi sungai memang terkendala anggaran, namun pemkab akan tetap mengupayakan dan mendesak supaya normalisasi bisa segera dilaksanakan.  Sebanyak 10 sungai yang perlu dinormalisasi itu, menurut Tamzil adalah Sungai Piji, Sungai Dawe, Sungai Tumpang, Sungai JU1, Sungai Jumirah, SWD 1, SWD 2, JU 3/1, JU 3B, dan Sungai Gelis.

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Pemali Juana Dwi Cahyo Handono Setyawan mengakui normalisasi sejumlah sungai di Kudus memang membutuhkan anggaran besar. “Untuk merealisasikannya tentu menunggu keputusan dari pusat. Kami tetap mengupayakan pengambilan dana dari anggaran yang lain terlebih dahulu,” ujarnya.

Nantinya, kata dia, akan ada skala prioritas untuk kegiatan normalisasi yang sekiranya rawan mengakibatkan banjir. Pengerjaannya, lanjut dia, bisa dimulai tahun depan dan akan menggunakan anggaran Rp40 miliar.

Aliran sungai yang akan dinormalisasi untuk pertama kalinya, yakni JU 1. Apalagi, perencanaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang Lusi Juana juga sudah disiapkan oleh BBWS. “BBWS juga sudah menyiapkan desainnya, termasuk dari pemerintah daerah juga disiapkan,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya