SOLOPOS.COM - Logo Pemkab Kudus/Wikipedia

 

Harianjogja.com, KUDUS-Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera mengoperasikan sentra masakan atau kuliner khas Kudus yang menempati jalur lambat di kawasan Matahari Plasa Kudus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pengoperasiannya memang sudah lama dijadwalkan, namun pekan ini dipastikan akan segera dioperasikan karena sudah berulang kali mundur dari jadwal,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan Pasar dan Pengelolaan Pasar Kudus, Sudiharti, di Kudus, Jumat (8/8/2014).

Meskipun pedagang yang siap baru empat pedagang, kata dia, rencana pengoperasian tetap akan dijalankan pada Sabtu (9/8).

Ia mengakui, sudah mempersiapkan ketersediaan air bersih dan jaringan listriknya.

Selain itu, lanjut dia, lahan yang hendak digunakan untuk berjualan para pedagang masakan khas Kudus saat ini sudah tidak dipakai untuk tempat parkir pengunjung Matahari Kudus.

Sebetulnya, kata dia, jumlah pedagang kaki lima (PKL) yang menyatakan kesanggupannya untuk berjualan di kawasan tersebut sebanyak 16 pedagang, namun baru empat pedagang yang menyatakan kesiapannya.

Ia memberikan batas waktu kepada pedagang yang sudah terdaftar tersebut hingga Minggu (10/8).

“Jika hingga batas waktu yang ditentukan belum ada kesiapan untuk berjualan akan ditawarkan kepada pedagang kuliner yang lainnya sehingga fasilitas yang akan diberikan oleh pemerintah juga dialihkan ke pedagang lain yang siap,” ujarnya.

Masing-masing pedagang akan mendapatkan tempat jualan, seperti gerobak, tenda serta kursi.

Untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan kawasan sentra kuliner tersebut, katanya, masing-masing pedagang diminta untuk ikut serta menjaganya.

Apabila ada pedagang yang tidak bersedia menjaga kebersihan, katanya, terancam digantikan oleh pedagang lain setelah diperingatkan hingga tingga kali tidak mengindahkan.

Pasalnya, lanjut dia, kawasan tersebut merupakan kawasan pusat perbelanjaan sehingga untuk menjadi daya tarik tingkat kebersihannya harus dijaga.

Rencananya, sentra kuliner khas Kudus tersebut akan dibuka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Terkait dengan tempat parkir, pemkab juga sudah berkoordinasi dengan pengelola Kudus Ekstension Mall serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kudus.

Sementara tempat parkir bagi pengunjung Matahari Plasa maupun ruko yang ada di kawasan pusat perbelanjaan modern tersebut, disiapkan tempat di lantai dua Pasar Bitingan maupun lahan di samping Matahari Plasa.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, anggaran untuk pengadaan gerobak dan tenda bagi pedagang yang akan menempati sentra kuliner tersebut mencapai Rp670 juta.

Di lokasi sentra kuliner tersebut, juga sudah tersedia tempat untuk mencuci perlengkapan makan serta tersedia sarana air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya