Pemkab Kudus Jamin Stok Bawang Putih Aman
Warga mengamati stok bawang putih yang tersedia di salah satu pedagang grosir di Pasar Bitingan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus memastikan  stok bawang putih di wilayah itu tersedia dalam jumlah aman sehingga masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan komoditas impor tersebut.

"Hasil pantauan di lapangan, sejumlah pedagang besar mulai memiliki stok bawang putih dalam jumlah besar sehingga aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kudus," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti di sela-sela melakukan pemantauan stok kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Bitingan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2019).

Tersedianya stok bawang putih di pasaran berdampak pada harga jualnya mulai menurun. Jika sebelumnya di tingkat pengecer bawang putih kating bisa mencapai Rp80.000/kg, maka saat ini mulai menurun menjadi Rp50.000/kg untuk tingkat pengecer dan Rp45.000/kg untuk tingkat grosir.

Terkait kemungkinan adanya penimbunan bawang putih, ia menegaskan tidak ada karena tim satuan petugas kebutuhan pokok masyarakat sudah melakukan pemantauan di lapangan. Permasalahan kelangkaan bawang putih jenis kating juga terjadi hampir di semua daerah di Tanah Air.

Karsono, salah satu pedagang grosir bawang putih di Pasar Bitingan Kudus mengakui sejak awal pekan ini dirinya sudah mendapatkan pasokan bawang putih dari Surabaya. "Jumlahnya cukup banyak karena mencapai belasan ton," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho