Pemkab Kudus Digugat Kontraktor Rp1,03 Miliar

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus digugat oleh kontraktor yang sebelumnya memenangi tender lelang proyek pembangunan Kantor Pemerintah Kecamatan Jekulo senilai Rp4,9 miliar dengan nilai gugatan Rp1,03 miliar.

Direktur PT Javadino Putra Perdana Agung Purno Sarjono selaku penggugat di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (4/9/2018), mengakui dirinya memang melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Kudus. Pendaftaran gugatan ke PN Kudus, kata dia, pada 16 Agustus 2018 dan sidang dimulai tanggal 30 Agustus 2018.

Sesuai ketentuan, terang dia, dimulai dengan mediasi dan berlangsung dua kali. Gugatan yang diajukan tersebut, terkait dengan pemutusan sepihak dan ada indikasi kurang transparan sekaligus ada perbuatan melawan hukum.

Pasalnya, kata dia, dalam melakukan pemutusan tersebut dilakukan tanpa ada konfirmasi, meskipun perusahaannya dimintai klarifikasi dua kali dan persyaratan dinyatakan lengkap. "Selain memberikan penawaran terendah, seluruh dokumen dan syarat juga lengkap. Sehingga janggal jika lelang kemudian dibatalkan," ujarnya.

Dalam lelang yang dilakukan secara elektronik tersebut, PT Javadino Putra Perdana mengunggah dokumen penawaran pada 22 Mei 2018, sedangkan pagu proyek Rp4,9 miliar, perusahaannya mengajukan penawaran Rp3,9 miliar dan menempati peringkat pertama. PT Javadino Putra Perdana juga diundang oleh ULP untuk diklarifikasi atas keabsahan dokumen beserta syarat-syarat pendukung lainnya, termasuk melakukan penandatanganan dokumen Syarat Layak Operasi (SLO).

Kemudian 8 Juni 2018 terbit surat elektronik LPSE yang menyatakan lelang proyek dibatalkan karena penyedia jasa tidak ada yang memenuhi syarat lulus evaluasi teknis. Ia menegaskan gugatan tersebut bukan terkait nilai gugatan, melainkan bentuk perlakuan dari penyelenggara negara secara adil, transparan dan akuntabel.

Pembatalan sepihak tersebut dianggap sebagai perbuatan melanggar hukum. Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara di PN Kudus, gugatan dari PT Javadino Putra Perdana didaftarkan pada tanggal 16 Agustus 2018 dengan nomor perkara 38/Pdt.G/2018/PN Kds.

Di dalam petitumnya, untuk dua poin menyatakan pembatalan lelang pada paket pekerjaan pembangunan gedung kantor pada Unit Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Kudus Kelompok Kerja Pengadaan Jasa Konsultasi empat dokumen pengadaan nomor: 027/06.LU/PPJK. 4/ULP/2018 tanggal 16 Mei 2018 adalah tidak sah dan tidak mempunyai hukum yang mengikat.

Sementara poin berikutnya, menyatakan PT. Javadino Putra Perdana adalah sebagai pemenang lelang dalam paket pekerjaan pembangunan gedung kantor pada Unit Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Kudus Kelompok Kerja Pengadaan Jasa Konsultasi empat dokumen pengadaan nomor: 027/06.LU/PPJK. 4/ULP/2018 tanggal 16 Mei 2018. Untuk kerugian materiil yang diajukan senilai Rp635,5 juta, sedangkan immateriil sebesar Rp400 juta, sehingga totalnya Rp1,03 miliar.

Kabag Hukum Setda Kabupaten Kudus Suhastuti melalui Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Adi Susatyo mengungkapkan bahwa penentuan pemenang lelang tidak hanya didasarkan pada besaran penawaran harga saja. Akan tetapi, lanjut dia, ada pula persyaratan rekanan subkontrak juga harus dilengkapi dengan SLO.

"Sehingga gugur pada persyaratannya. Akibatnya lelang dibatalkan dan anggarannya dikembalikan ke kas daerah," ujarnya. Berdasarkan materi gugatannya, kata dia, Pemkab Kudus tidak perlu melakukan langkah mediasi yang sebagaimana difasilitasi majelis hakim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Hasil Liga 1 2021-2021: Gol Ilham Udin Armaiyn Bawa Kemenangan PSM Makassar atas Persik Kediri

Babak pertama kedua tim masing-masing mencetak dua gol

Berburu Bocoran Avanza-Xenia Terbaru

Berburu bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru yang terpantau dari pendaftaran kode mobil baru.

Alex dan Azis, Dua Batu Sandungan Partai Golkar Menuju 2024

Alex Noordin dan Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang berbeda.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.